Luapan Air Kikis Dua Titik Tebing Sungai Way Sukaraja

  • Whatsapp
Tebing Sungai Way Sukaraja Kecamatan Semaka terkikis, akibat nya saat air meluap terdampak ke pemukiman penduduk, Selasa (29/9)

Medialampung.co.id – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, pada Senin (28/9) Malam menyebabkan tebing sungai Way Sukaraja terkikis, dan air meluap ke pemukiman penduduk hingga jalan lintas pekon setempat. 

Kepala Pekon Sukaraja Boymin Wardianto mengatakan, air sungai mulai meluap pada Selasa (29/9) dini hari sekitar Pukul 00.30 WIB. 

Bacaan Lainnya



“Ada dua titik tebing sungai yang jebol karena diterjang banjir semalam. Air sungai meluap ke rumah warga serta jalan poros,” ujar Boymin seraya mengatakan ketinggian air di jalan poros mencapai setengah meter.

Menurutnya, panjang tebing sungai yang jebol yakni sekitar 40 meter. Kerusakan tebing sungai terparah, kata Boymin, berada di sekitar simpang jalan Sedayu dengan panjang sekitar 25 meter. 

Ia mengaku, sebelumnya Pemerintah Pekon Sukaraja juga sudah berupaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir dengan memanfaatkan Dana Pekon untuk meminjam alat berat dan melakukan normalisasi sungai Way Sukaraja.

“Kita sudah lakukan normalisasi. Dan terkait kondisi tanggul ini sudah kita sampaikan ke Bu Camat. Dan kami berharap agar tebing sungai ini segera ditanggulangi, karena jika terjadi hujan deras selama satu jam saja pasti air akan meluap tambah parah dan bisa mengancam pemukiman, areal pasar dan tanam tumbuh warga,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Semaka Wiwin Triyani saat dikonfirmasi mengatakan bahwa penyebab luapan air di Jalan Poros Sukaraja karena tersumbatnya saluran drainase yang ada di Simpang Jalan Sedayu. 

Ia mengaku, jika ada dua titik tebing sungai yang terkikis di Pekon Sukaraja yakni di Dusun Kampungsawah, dan satu titik di Dusun Banding Pekon Way Kerap.

“Tanggulnya itu bukan jebol, tapi terkikis,” terangnya.

Ia juga mengaku sudah menyampaikan hal tersebut ke Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Sudah kita sampaikan, dan alhamdulilah BPBD juga sudah turun,” pungkasnya. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait