Luapan Way Besai Memutuskan Akses Jalan Penghubung Pekon Puramekar-Mekarjaya

Medialampung.co.id – Hujan deras yang terjadi Rabu (12/1) sore, menyebabkan putusnya akses jalan poros penghubung Pekon Puramekar dengan Mekarjaya, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat.

Putusnya jalan disebabkan aliran air Sungai (Way) Besai Muara Cabang Jaya yang melintang menggerus badan jalan hingga putus, yang memaksa Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Mekarjaya, bersama aparat pekon dan masyarakat dibantu TNI Koramil Sumberjaya melakukan upaya penanganan dan menutup badan jalan karena tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda dua (R2) dan Roda Empat (R4).

Bacaan Lainnya

Ketua Satgas Tagana Pekon Puramekar Mujiono minta kepada dinas terkait Pemkab Lambar melakukan upaya tanggap bencana. “Beton di atas badan jalan yang sudah menggantung sengaja kita hancurkan antisipasi kendaraan melintas dan amblas,” terangnya.

Sementara di lokasi yang sama Peratin Mekarjaya Atim, S.H.. Menyebutkan kerusakan akibat luapan air sungai Besai tersebut kali ini cukup parah selain memutus badan jalan juga menyebabkan longsor sisi-sisi jalan yang melintang di tengah areal persawahan. 

Kondisi kerusakan jalan penghubung antar dua pemangku tersebut memang sudah lama di keluhkan lantaran sejak dibangun silam sampai saat ini belum ada peningkatan sehingga memang sudah tidak layak lagi termasuk dari kapasitas badan jalan. (r1n/mlo)

Pos terkait