Luapan Way Besai Menyebabkan Berbagai Kerusakan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tingginya curah hujan yang terjadi dalam kurun waktu satu hari satu malam sejak Senin (30/12), berdampak pada meluapnya air Sungai (Way) Besai, di Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Akibatnya bukan saja menenggelamkan areal persawahan di sekitar daerah aliran sungai (DAS), melainkan juga menutup akses jalan dan pemukian warga, serta rusaknya beberapa akses jalan dan jembatan di enam pekon di kecamatan itu.

Berdasarkan data sementara dari Kantor Kecamatan Kebuntebu, luapan Way Besai menyebabkan beberapa rumah warga mengalami rusak ringan, terputusnya akses jalan dan jembatan di beberapa lokasi, serta mengakibatkan sekitar 20 hektar sawah dan kolam ikan milik warga terendam banjir.

Bacaan Lainnya


Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., menyebutkan, hingga saat ini upaya yang dilakukan oleh tim terpadu, kecamatan Polsek Sumberjaya, Koramil Sumberjaya, Taruna Siaga Bencana (Tagana) pekon dan beberapa unsur lainnya meninjau lokasi untuk melihat kondisi terkini. “Bencana alam ini sudah dilaporkan ke Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos),” terangya.

Lanjut dia, selain kerusakan fasilitas umum seperti akses jalan dan jembatan, juga berdampak pada usaha masyarakat seperti peternakan ikan dan areal persawahan. (ius/mlo)




Pos terkait