Luapan Way Umpu Rusak Jalan Poros Kecamatan Pagardewa 

  • Whatsapp
Camat Pagardewa M. Yones, S.S.Tp, M.H.

Medialampung.co.id – Hujan deras terjadi selama Satu Jam dari Pukul 14.00 WIB sampai 15.00 WIB pada Jumat (10/4) menyebabkan amblasnya badan jalan poros Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat di Pemangku I Luasjaya, Pekon Pagardewa.

Amblasnya badan jalan tersebut terjadi akibat badan jalan yang berada persis samping sungai (Way) Umpu tergerus oleh luapan air sungai yang cukup besar.

Bacaan Lainnya



Akibat kerusakan itu saat ini kendaraan sulit melintas bahkan untuk jenis mobil kecil harus ekstra hati-hati karena sisa badan jalan sangat sempit.

Camat Pagardewa M. Yones, S.S.Tp, M.H., yang langsung terjun ke lokasi melakukan pemantauan, saat ini hanya kendaraan kecil tanpa muatan yang dapat melintas, itu juga harus berhati-hati.

“Gerusan air sungai tersebut sudah lama terjadi, namun sebelumnya tidak membahayakan. Mungkin karena besarnya luapan air akibat hujan hari ini menyebabkan kondisi semakin parah,” ungkapnya.

Terkait kerusakan itu pihaknya akan melaporkan secara langsung kepada Bupati Parosil Mabsus.

“Karena ini jalan poros kecamatan akan saya laporkan langsung kepada Bupati,” imbuhnya. 

Terpisah Anggota DPRD Lambar Fraksi PDI Perjuangan Tri Budi Wahyuni, mengatakan, kondisi jalan itu sudah sejak lama tergerus dan jika kondisi cuaca masih seperti ini jalur tersebut kemungkinan bakal putus total. 

Oleh sebab itu pihaknya minta kepada dinas terkait segera melakukan kroscek dan upaya perbaikan sementara karena jalur itu merupakan jalan utama yang dilintasi menuju Puskesmas dan Kantor Kecamatan.

“Sekarang kita masih dihadapkan dengan virus corona, ekonomi rakyat tengah susah ditambah bencana lagi. Semoga kondisi ini segera mampu ditangani,” harapannya.  

Sementara Peratin Pekon Pagardewa Rusdani, mengatakan, belum ada upaya terkait kerusakan itu, karena selain saat kejadian sudah sore, peralatannya juga tidak ada.

Hanya saja peristiwa tersebut sudah diinformasikan ke pekon-pekon lain agar masyarakat mengetahuinya. (rin/mlo)



Pos terkait