Lumbung Pangan, Lamteng Sediakan 79 Ton Beras untuk Zakat Fitrah 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai lumbung pangan, Lampung Tengah mendapatkan kuota untuk penyaluran beras zakat fitrah sebanyak 79 ton. Zakat fitrah ini akan disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten/kota di Lampung.

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Baznas Lamteng Nurhadi Irawan menyatakan 79 ton beras zakat fitrah akan disalurkan Baznas kabupaten/kota. “Sebanyak 79 ton itu bukan akan disalurkan Baznas Lamteng saja. Tapi Baznas seluruh Lampung. Kebetulan saja Lamteng sebagai penyedia karena merupakan salah satu lumbung pangan,” katanya.

Bacaan Lainnya


Terkait beras zakat fitrah, kata Nurhadi, Baznas Lamteng akan menyalurkan 15 ton beras. “Kita cuma dapat jatah 15 ton beras untuk penyaluran zakat fitrah. Kemungkinan nanti tidak semua kecamatan kebagian. Paling 6-7 kecamatan saja,” katanya.

Dalam penyalurannya, kata Nurhadi, sudah dibentuk panitia. “Panitia dibentuk dari pengurus kelompok. Beberapa bidang yang dibentuk, yakni divisi pengadaan gabah, packaging, dan distribusi. Sekarang ini gudang penggilingan di Kecamatan Trimurjo sudah memiliki stok gabah siap giling sebanyak ± 50 ton. Dengan jumlah beras sudah giling ± 7 ton,” ujarnya.

Terkait armada untuk penyaluran, kata Nurhadi, sudah dipersiapkan. “Sudah disiapkan. Begitu juga waktu penyaluran dan biaya perjalanan sudah dibahas. Panitia berencana menyalurkan beras zakat fitrah dalam jangka waktu maksimal sampai H-5 sebelum Lebaran,” ungkapnya. (sya/mlo)




Pos terkait