Lurah Durianpayung Berhasil Ciptakan Keamanan-Kenyamanan Lingkungan

  • Whatsapp
Lurah Durianpayung Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Rosminah (kiri) saat ditemui di kantornya.

Medialampung.co.id – Lurah Durianpayung, Kecamatan Tanjungkarang Pusat (TkP), Kota Bandarlampung, Rosminah mengaku berhasil menciptakan keamanan dan kenyamanan bersama anggota Linmas setempat.

Rosminah kepada medialampung.co.id mengatakan, linmas sudah sejak lama ada di kelurahan setempat dengan beranggotakan tiga orang.

Bacaan Lainnya



Tahun 2020 barulah terbentuk secara resmi oleh Walikota Bandarlampung Herman HN untuk menciptakan keamanan dan kenyaman lingkungan kelurahan setempat khususnya.

Linmas turut membantu meringankan tugas dalam setiap kegiatan kelurahan, mulai dari hal keamanan yang bekerja sama dengan semua anggota Binmas. Di bidang kebersihan, linmas juga turut membantu di saat ada kegiatan gotong-royong bekerja sama dengan ketua RT.

Saat ada kejadian seperti bencana kecil, linmas juga langsung menginformasikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung.

Sejak anggota Linmas aktif, masyarakat Durianpayung bersyukur dan cukup terbantu dalam rangka menciptakan keamanan dan mencegah tindakan kejahatan.

Kelurahan Durianpayung terbagi dari 24 RT dalam 2 lingkungan. Di tiap RT terdapat petugas linmas juga merupakan utusan dari kelurahan. Jumlah anggotanya tergantung dari luas wilayah RT, ada yang beranggotakan lima orang, namun ada juga dua orang.

Awalnya masyarakat kurang menerima kehadiran anggota Linmas, tapi setelah mengetahui gerakan linmas tersebut, justru banyak warga mengusulkan penambahan anggota linmas.

“Linmas banyak fungsinya. Saat ada orang sakit, mereka membantu mengantarkan ke puskesmas atau rumah sakit. Pernah ada kasus penipuan, anggota linmas berhasil menangkap lalu diserahkan ke pihak Bhabinkamtibmas, membantu ketua RT saat ada kegiatan gotong-royong, dan banyak peran lainnya,” ungkapnya.

Sementara Bhabinkamtibmas Durianpayung, Kadim mengaku sangat terbantu dengan adanya anggota linmas, khususnya dalam kerja sama menciptakan keamanan di wilayah setempat.

“Alhamdulillah atas bantuan anggota linmas, tindak kriminalitas di wilayah Durianpayung khususnya kini sangat menurun,” singkatnya. (ion/mlo)



Pos terkait