Mad Hasnurin Imbau Warga Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Disela-sela melakukan peninjauan bencana banjir akibat luapan sungai Waysemangka, di Pemangku II, Pekon Sukarami, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat. Wakil Bupati Drs. Hi Mad Hasnurin, mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrim yang melanda kabupaten setempat.

Dalam peninjauan itu, ia juga memantau langsung tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar bersama, Polri dan aparatur Pekon Sukarame bersama warga menyelamatkan dua keluarga yang terjebak di dua rumah.

Bacaan Lainnya



Kepada warga, Mad Hasnurin menyarankan warga khususnya yang menetap di bantaran sungai semangka agar sementara mengungsi saat intensitas hujan tinggi dengan durasi panjang seperti yang terjadi pada Sabtu malam (2/5).

“Apalagi Waysemangka merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang cukup besar karena hulunya di kaki Gunung Pesagi. Artinya seketika luapan air bisa dengan cepat meluap,” terangnya.

Selain di lokasi tersebut, ia juga telah mendapat informasi wilayah lain yang terdampak banjir dan longsor seperti di wilayah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) termasuk beberapa ruas jalan

“Oleh sebab itu saya minta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati menghadapi cuaca ekstrim, bahaya bencana dapat dicegah apabila kita meningkatkan kewaspadaan sejak dini,” pungkas dia. 

Sementara Peratin Sukarame Selamat Riyadi menyebutkan dalam evakuasi dua keluarga yang terjebak banjir, terpaksa meminta bantuan perahu karet dari BPBD Lambar karena diantaranya ada ibu hamil, dan lanjut usia (Lansia).

“Yang masuk Pekon Sukarame ada Tujuh  yang terdampak banjir dan dilakukan penyelamatan, Alkhoiri, Izahar, Tohari, Salma, Amroni, Reno, Dan Maryani,” tandasnya. (edi/mlo)



Pos terkait