Mad Hasnurin Sambut Tim Batch 15 Nusantara Sehat 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Akmal Abdul Nasir, SH., Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Wasisno Sembiring, melaksanakan prosesi penyambutan 15 orang tenaga kesehatan (Nakes) nusantara sehat, yang dipusatkan di Aula Kagungan Setdakab Lambar Kamis (1/10/2020). 

Ke-15 orang Nakes yang terdiri dari dokter gigi, dokter umum, analis, bidan dan perawat tersebut akan ditempatkan di dua Puskesmas yakni Puskesmas Pagardewa, dan Puskesmas Srimulyo Suoh. 

Bacaan Lainnya



Dalam arahannya, Mad Hasnurin mengungkapkan, kesehatan merupakan investasi dalam mendukung pembangunan nasional, namun fasilitas pelayanan kesehatan yang disediakan pemerintah masih terkendala oleh pemenuhan tenaga kesehatan. Hal tersebut menyebabkan pelayanan kesehatan di daerah tidak dapat dilaksanakan secara optimal. 

“Ketersediaan tenaga kesehatan dan sarana prasarana merupakan masalah utama yang terjadi di lapangan. namun demikian, aktivitas pelayanan wajib dilaksanakan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak dapat ditunda. Oleh sebab itu diperlukan kebijakan khusus mengenai model penempatan tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dengan menyesuaikan karakteristik daerah, ” ujarnya. 

Dikatakannya, sasaran akhir penugasan khusus tenaga kesehatan ini yaitu terpenuhinya jumlah dan jenis tenaga kesehatan sesuai dengan standar di pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit dan terwujudnya penguatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan di pusat kesehatan masyarakat dalam mendukung program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

“Alhamdulillah tahun 2020 Lampung Barat mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat kembali mendapatkan tenaga nusantara sehat tim yang akan bertugas hari ini sampai dua tahun ke depan di puskesmas pagar dewa dan puskesmas sri mulyo. Nusantara sehat tim  batch 15 ini terdiri dari 15 tenaga kesehatan diantaranya adalah dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga analis/ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian, jenis tenaga kesehatan tersebut sangat dibutuhkan di lampung barat karena memang terbatas jumlah sumber daya manusianya, ” kata dia. 

Ia berharap, kepada tenaga nusantara sehat tim 15 ini untuk dapat memberikan pelayanan prima dan optimal pada masyarakat Lampung Barat khususnya di Kecamatan Pagardewa dan Suoh.

“Pemerintah telah melakukan berbagai program dalam rangka pemenuhan akses dan mutu pelayanan kesehatan, salah satunya adalah melalui penugasan khusus tenaga kesehatan dalam rangka mendukung program nusantara sehat guna memberikan pelayanan kesehatan secara terintegrasi, ” imbuhnya. 

Sementara itu Amir Su’udi selaku pembina Wilayah dari Kemenkes RI yang datang  langsung mendampingi Para Nakes Nusantara Sehat tersebut mengungkapkan, 15 orang Nakes tersebut berasal dari sejumlah daerah di Indonesia diantaranya dari Alor Nusa Tenggara Timur (NTT), Natuna dan lainnya. 

“Sebelum ditugaskan, mereka telah melewati berbagai proses seleksi  termasuk tes psikologi, karena mereka akan jauh dari kampung halaman dan keluarga serta akan bertugas dalam tim, dan Nakes yang ditempatkan juga tidak ada yang berasal dari Lampung,” ujarnya. (nop/mlo)



Pos terkait