Mahasiswa IPB Ajarkan Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah Ditengah Pandemi Kepada Warga TbT

  • Whatsapp
Camat TbT Zulkupli Foto bersama dengan Mahasiswa KKN-T IPB - Foto Ist/mlo

Medialampung.co.id – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) biasa dilakukan Mahasiswa perguruan tinggi di suatu daerah dengan menetap di daerah tersebut dalam jangka waktu tertentu. Namun, dikarenakan Pandemi Covid-19, tahun ini Mahasiswa harus menggelar KKN di Daerahnya masing-masing.

Itu sama halnya yang dilakukan oleh 10 Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari berbagai latar belakang program studi asal Kota Bandarlampung yang mengadakan KKN-T di Kecamatan Telukbetung Timur (TbT) selama 40 Hari.

Bacaan Lainnya



Adapun, Tema KKN-T saat Pandemi Covid-19 ini, “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno-socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada Masa Pandemi Covid-19″.

Tentunya menurut Luthfi Lofianda Ketua Kelompok KKN-T, berbagai program telah dicanangkan dalam mewujudkan tema tersebut. Program yang telah dijalankan secara garis besar terbagi menjadi empat, yaitu Edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat (e-PHBS), Sosialisasi Pengemasan dan Pemasaran Produk Olahan, Pendampingan UMKM, serta Kelas Keuangan. 

“Berbagai program ini telah kami jalankan sekitar 40 hari masa KKN-T kami disini, terdapat berbagai sub-program yang dijalankan seperti pemeriksaan hewan kurban, pembuatan tempat cuci tangan portable, sosialisasi dan edukasi Covid-19, penyemprotan disinfektan, dan lainnya,” tuturnya kepada Medialampung.co.id, Selasa (25/8).

Tentunya, besar harapan  ilmu yang telah diberikan selama KKN-T, dapat bermanfaat bagi masyarakat TbT, khususnya para pelaku UMKM.

“Kami berpesan kepada para pelaku UMKM agar tetap berjuang untuk mempertahankan usahanya di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti ini,” harapnya.

Perlu diketahui, menurut Luthfi KKN-T yang dilakukan kelompoknya dimulai sejak 10 Juli hingga 24 Agustus ini. Bertempat di tiga kelurahan, yaitu Kota Karang, Sukamaju dan Way Tataan.

Sementara Camat TbT Zulkipli mengaku terbantu dengan adanya Mahasiswa IPB yang melakukan KKN-T di wilayahnya. Dimana menurutnya setiap tahun TbT rutin dijadikan tempat KKN-T oleh Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

“Kita terbantu lah, mereka (Mahasiswa *red) memberi edukasi ke masyarakat kota mengenai pembinaan kerajinan tangan, Home Industri dan lainnya. Seperti di Kota Karang ada pembuatan Ikan Asin, diajarkan mulai dari pengemasan, Pemasaran, keuangan dan lainnya,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya. (pip/mlo)



Pos terkait