Mahasiswa KKN Ciptakan Inovasi Bersama Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (UNILA) di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampugn Barat yang tergabung ke dalam kelompok di setiap pekon mulai melaksanakan program yang akan di usung dalam beberapa waktu kedepan.

Untuk memaparkan program itu, Selasa (2/1) para mahasiswa KKN bersama aparatur pemerintah pekon dan kecamatan setempat mengelar diskusi yang digelar di Pekon Sukamulya. Sejumlah program yang diusung diantaranya melengkapi data dan informasi penduduk serta akan menciptakan inovasi pembuatan parfum kopi bersama masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya


“Salah satu program mereka adalah sensus penduduk sederhana untuk melengkapi data kependudukan. Para Mahasiswa ini akan mendatangi semua rumah penduduk yang ada untuk bertanya hal yang berkaitan dengan demografi kependudukan,” terang Peratin Sukamulya, Budi.

Menurutnya data yang didapat ini nanti akan dijadikan dasar untuk membuat pengelolaan informasi pekon yang berbasis digital. Hal ini dapat mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data kependudukan. “Mereka juga akan membuat pengelolaan data berbasis online, sehingga data akan mudah diperbaharui dan diidentifikasi kembali,” imbuhnya

Sensus penduduk, lanjut dia, akan dilakukan per dusun dan setiap rumah yang telah di sensus akan ditempelkan penanda yang telah di atur secara berurutan. Data yang ditanyakan dalam sensus ini diantaranya adalah nama Kepala Keluarga (KK), jumlah anggota keluarga, usia, pekerjaan, pendidikan, agama dan lainnya.

“Sensus ini mendapat respon yang baik dari warga pekon. Kita berharap agar program ini dapat terlaksana dengan baik untuk mempermudah pengeloaan data menjadi lebih optimal,” kata dia.

Sementara itu, Peratin Buaynyerupa Ahmad Naser mengaku salah satu program yang akan di dilaksanakan di wilayah setempat adalah pembuatan parfum berbahan dasar kopi dan ia berharap kreativitas dari tim mahasiswa KKN di wilayah ini dapat memberikan peluang bagi masyarakat dalam kegiatan usaha.

“Tentu kami sangat menyambut baik inovasi ini, harapan kami apa yang dilakukan mahasiswa KKN ini bisa disampaikan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang ingin membuka usaha. Dan nanti tentunya kami minta masyarakat juga tidka melewatkan kegiatan praktek bagaimana proses pembuatan produk ini,” pungkasnya. (edi/mlo)




Pos terkait