Mahasiswa KKN Gelar Aksi Pungut Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hari pertama melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), para mahasiswa dari berbagai fakultas di Univeristas Lampung (Unila) yang ditempatkan di Pekon Puralaksana, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, langsung menorehkan kesan.

Bagaimana tidak, seakan merasa bahwa Pekon Puralaksana adalah kampung mereka sendiri, para mahasiswa tersebut langsung menyentuh hati warga setempat dengan melakukan gerakan pungut  sampah di lingkungan yang dihuni oleh mayoritas suku Sunda tersebut.

Bacaan Lainnya



Peratin Puralaksana Ata menyebutkan, salah satu usulan dari pihak pekon kepada para mahasiswa KKN diantaranya dalam pengelolaan sampah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan metode pengelolaan sampah yang tepat agar dapat diterapkan oleh masyarakat. “Saat ini sampah mulai menjadi ancaman masyarakat karena tidak adanya Tempat Pembungan Akhir Sampah (TPAS),” kata dia.

Oleh sebab itulah Ata berharap atas pemahaman yang diberikan para mahasiswa, warga semakin tergerak dan menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan seperti melakukan upaya secara pribadi dalam pemusnahan sampah dari tiap-tiap rumah tangga.

“Dengan tidak adanya TPAS maka satu-satunya jalan adalah kesadaran masyaralat dalam menjaga kebersihan seperti penerapan pemusahan sampah di rumah masing-masing. Dan diharapkan dengan kehadiran KKN memberikan support tambahan untuk warga dalam penanganan masalah sampah,” ujarnya.

Kasi Pemberdayaan Damannuri menyampaikan terimakasih kepada para mahasiswa yang begitu terbuka dan memberikan kesempatan yang sangat luas kepada pihak pekon. “Alhamdulilah, mahasiswa KKN menyambut baik semua program-program yang kami sampaikan untuk dikerjakan bersama,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait