Mahasiswa KKN Inisiasi Membangun Literasi Desa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) Periode I tahun 2021 di Pekon Canggu Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat menggagas program Membangun Literasi Desa. 

Heza Oga Mahendra, salah satu mahasiswa KKN Unila mengungkapkan, ia bersama sejumlah rekannya yang sedang melaksanakan KKN di Pekon Canggu memiliki program yang fokus terkait dengan program Membangun Literasi Desa. 

Bacaan Lainnya

“Mencerdaskan anak negeri harus dimulai sejak dini, karena perlu kita sadari tingkat minat baca masyarakat indonesia sangat rendah dan bahkan ada beberapa survei mengatakan bahwa minat baca anak indonesia sudah mencapai level kritis,” ungkap Heza. 

Oleh karena itu, lanjut dia, sebagai mahasiswa yang mengabdi kepada masyarakat yang mengedepankan tri dharma universitas mengadakan acara literasi desa dengan tujuan menciptakan generasi yang lebih maju dan berkembang terutama di masa sekarang yang sudah menginjak ke masa era digital agar kedepannya bisa bersaing. 

“Adanya program yang kami gagas ini, karena kami melihat adanya fasilitas desa yang terbengkalai yang dirasa bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan program Membangun Literasi Desa, dan juga tentunya aparatur pemerintahan pekon dan masyarakat mengizinkan serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” kata dia. 

Terusnya, kegiatan Membangun Literasi Desa ini terfokus pada siswa sekolah dasar yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di pekon setempat. 

“Setelah menetapkan konsep dan diadakan diskusi dan mendapatkan dukungan serta respon yang baik dari aparatur pemerintahan Pekon Canggu dan masyarakat program ini langsung dilaksanakan dan kedepannya kami memiliki program lain yang juga masih berkaitan dengan literasi dengan mengadakan les gratis untuk siswa SDN Canggu, sebagai solusi agar mereka tetap mendapatkan bimbingan di tengah Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam menggagas program tersebut Heza tidak sendiri, ia bersama mahasiswa KKN lainnya yakni Dhea Adinda, EfriJaya Saputra, Maya Elinta, Amiza Rezika, Cindy Cenora, Rethanita Zaharani dan Renti Gustiani. (nop/mlo)




Pos terkait