Mahasiswa KKN UIN Gagas Lamban Juang Literasi di Pekon Walur

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring Pekon Walur menggelar peresmian Lamban Juang Literasi dan seminar yang dilaksanakan di Pantai Karang Taruna Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, Jumat (30/7) kemarin.

Koordinator Kelompok KKN-DR Pekon Walur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Rudiyalloh mengatakan pada kesempatan baik ini merupakan sebuah proses perjuangan yang dijalani oleh para mahasiswa, semoga apa yang diberikan ini dapat berguna dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan dapat berwisata dengan lebih bermutu.

Bacaan Lainnya

“Kami titipkan lamban juang literasi ini, karena kegiatan literasi memerlukan perhatian dari segala lapisan masyarakat, pemerintah, aktor pendidikan dan dari pihak yang sadar dan peduli akan pentingnya membaca bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus mata rantai kemiskinan, kebodohan, dan ketidakpedulian sosial,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., yang diwakilkan Sekretaris Daerah Kabupaten setempat Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa KKN-DR Pekon Walur atas program yang dibuat.

“Saya berharap antara Mahasiswa, dan organisasi-organisasi masyarakat maupun komunitas bisa bersinergi dalam pengembangan minat baca masyarakat dan memajukan wisata Pesisir Barat melalui Literasi,” ungkapnya.

Masih kata Lingga, seperti yang  diketahui, pendidikan merupakan sarana penting untuk kualitas sumber daya manusia dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. kualitas sumber daya manusia pada hakikatnya sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. apalagi sebagai mahasiswa yang dikenal dengan agen perubahan sudah semestinya membawa perubahan terhadap tanah kelahiran tercinta Negeri Para Saibatin dan Ulama.

“Literasi bukan hanya kegiatan menulis, membaca dan mendengar tapi juga sebagai komunikasi dalam masyarakat. dan kegiatan ini sangat bagus untuk digalakkan karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di Pesbar ini,” jelasnya. 

Lanjut Lingga, pihaknya berharap Pekon walur ini bisa menjadi Pekon inspirasi untuk Pekon lainnya, dan bisa ditiru oleh setiap Pekon. Karena kegiatan literasi seperti ini memerlukan perhatian dari segala lapisan masyarakat, Pemerintah, aktor pendidikan dan dari pihak yang sadar serta peduli akan arti pentingnya membaca.

“Bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus rantai kemiskinan, kebodohan dan ketidakpedulian sosial,” ujarnya.

Masih kata dia,  pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN-DR Pekon Walur atas program yang kalian buat ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberi warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat terutama pada anak-anak dan remaja.

“Sehingga keberadaan lamban juang literasi ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Peratin Pekon Walur, Yoyon Yufriza, mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dan berterima kasih serta akan terus mendukung penuh program dari anak-anak Mahasiswa KKN daring UIN Raden Intan Lampung di Pekon Walur ini, sehingga kedepan diharapkan bisa terus berkembang dengan lebih maksimal

“Kita tentu akan terus mendukung program ini, karena literasi tersebut tentu sangat penting untuk masa depan anak-anak kita sebagai generasi penerus. Karena itu kita berharap kedepan lamban juang literasi ini bisa terus membawa manfaat,” ujarnya.

Selain peresmian, Mahasiswa KKN-DR Pekon Walur juga mengadakan seminar yang dipandu oleh Dwi Putri Ananda sebagai moderator. Mereka menghadirkan pemateri antara lain Ketua DPD KNPI Pesbar APT. Nopiansyah, S.SI., M.FARM, Ketua Karang Taruna Pesbar Suryadi, S.Ip, M.M., serta para pihak terkait lainnya.(yan/mlo)


Pos terkait