Mahasiswa KKN Unila Sosialisasikan Pembuatan Lampu PJUTS di Lamtim

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Harapan warga Desa Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Lampung Timur untuk mendapatkan penerangan lampu jalan segera terwujud.

Itu menyusul, kepedulian para mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang sedang menggelar kuliah kerja nyata putra daerah mandiri (KKN PDMD) periode 1 di Desa Tanjung Tirto. 

Bacaan Lainnya

Para mahasiswa tersebut berencana memasang Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) secara gratis di Desa Tanjung Tirto.

Sebagai langkah awal, para mahasiswa itu menggelar sosialisasi pembuatan lampu lalan gratis otomatis berbasis sel surya dan sensor LDR di Desa Tanjung Tirto, Selasa (9/3).

Koordinator Desa (KorDes) Al Hamid Yusuf menjelaskan, selama ini masyarakat Desa Tanjung Tirto sangat membutuhkan PJU. Sebab, bila malam hari jalan raya di wilayah desa itu gelap. Sehingga, masyarakat yang akan melintas di jalan desa itu khawatir terjadi kecelakaan dan rawan tindak kriminal.

“Mengingat pentingnya lampu jalan di desa itu. Maka, salah satu program kegiatan KKN PDND Unila adalah pembuatan lampu jalan tenaga surya,” jelasnya.

Ditambahkan, melalui sosialisasi itu diharapkan masyarakat mendapatkan penerangan lampu jalan secara gratis.

“Bila menggunakan lampu penerangan jalan yang bersumber dari PLN maka membutuhkan biaya lebih tinggi dibanding yang bertenaga surya. Selain itu, lampu penerangan jalan bertenaga surya lebih ramah lingkungan,” pungkasnya.(wid/mlo)


Pos terkait