Mahasiswi KKN Undip Remajakan Pasar Pekon dan Curi Perhatian Lewat Poster

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan adanya kasus pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2020/2021 melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) dengan konsep yang berbeda dengan pelaksanaan KKN periode-periode sebelumnya.

Pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan dengan secara mandiri (individu) pada lokasi yang disesuaikan dengan alamat tinggal mahasiswa dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)”. 

Bacaan Lainnya

Mahasiswi Arsitektur UNDIP, Khoirunnisa Indriani melaksanakan program kegiatan KKN 1 berupa redesain pasar Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat, sejak tanggal 4 Januari – 16 Februari 2021.

Program ini didasari setelah melihat kondisi Pasar Pekon Kembahang saat ini yang masih jauh dari standar kelayakan pasar, dengan beberapa permasalahan yang ditemukan yaitu ketidakteraturan zoning, kumuh, kondisi fisik yang memprihatinkan, dan fasilitas yang kurang memadai.

Khoirunnisa memanfaatkan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah dengan melakukan redesain Pasar Pekon Kembahang sehingga sesuai standar yang diharapkan dapat mempertahankan eksistensi dan meningkatnya potensi pasar tradisional sebagai penggerak ekonomi, sesuai dengan SDG’s seperti mengakhiri segala bentuk kemiskinan, mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan peningkatan gizi. Program redesain pasar ini selaras dengan program pembangunan desa yang akan dilaksanakan tahun ini menggunakan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa Tahun 2021). 

Menurut Khoirunnisa, pelaksanaan program KKN Redesain Pasar Pekon Kembahang ini diawali dengan pengumpulan data-data melalui beberapa cara yaitu studi literatur yang mengenai pengertian pasar dan persyaratan pasar, konsep pasar tradisional, dan studi preseden bangunan terkait.

Selanjutnya observasi atau survey lapangan untuk mengetahui kondisi dan mendapatkan data gambar pasar Pekon Kembahang. Serta melalui interview yang melibatkan bapak Suhairi selaku perwakilan pedagang pasar, untuk mendapatkan data kebutuhan pengguna dan kebutuhan ruang.

Kemudian proses pengukuran lahan dan diskusi terkait penataan masa bangunan melibatkan bapak Donal Hentrisa selaku peratin Pekon Kembahang, Kasi Pembangunan bapak Mulyadi, dan Tenaga Ahli Pendamping Pekon Kabupaten Lampung Barat, bapak Surya.

Lanjut dia, setelah semua data yang dibutuhkan dikumpulkan, eksplorasi desain dilakukan dengan membuat beberapa alternatif sketch, mulai dari analisis tapak, zoning makro dan mikro, gubahan massa, serta perancangan struktur dan utilitas.

“Hasil akhir dari program KKN ini berupa modul berukuran A3 dan Presentation Board berukuran A2 yang berisikan konsep, gambar kerja denah, tampak, potongan, dan perspektif pasar. 

Penyerahan modul dan panel presentation board redesain pasar Pekon Kembahang kepada kepala desa, dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2021 di Balai Pekon Kembahang.

Sementara itu, Peratin Pekon Kembahang Donal Entrisa, M.Kes mengucapkan terima kepada mahasiswa UNDIP Khoirunnisa yang telah melaksanakan KKN di pekon setempat selama 45 hari.

“Alhamdulilah UNDIP ada program KKN yang dilaksanakan di Pekon Kembahang salah satunya mengenai potensi desa yaitu membuat desain pasar di kampung kita ini. Dengan adanya survey dan analisis pasar serta pembuatan desain pasar ini, maka sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Donal.

Menurut Donal, dengan adanya desain pasar yang dibuat oleh mahasiswa UNDIP tersebut, pihaknya berharap tata kelola pasar Pekon Kembahang akan lebih baik dan sesuai dengan standar fasilitas pekon. 

“Untuk kedepan, desain pasar yang telah dibuat oleh adik Khoirunnisa ini akan menjadi referensi dan rujukan kami untuk melakukan pembangunan pasar Senin Pekon Kembahang. Mudah-mudahan tahun depan, kami bisa membangun Pasar Kembahang karena APBPekon tahun 2020 dan tahun ini masih difokuskan untuk penanganan dampak wabah Covid-19,” pungkas Donal. 

Selain melakukan redesain Pasar Pasar Pekon Kembahang, Khoirunnisa Indriani juga melaksanakan program kegiatan KKN 2 berupa edukasi pencegahan penularan Covid-19 di Era New Normal melalui penempelan poster di area Pasar, GOR, warung dan rumah warga yang berada di area pasar pekon kembahang, dikarenakan pasar merupakan tempat umum yang dikunjungi oleh banyak orang untuk bertransaksi jual beli,

Khoirunnisa menjelaskan, poster yang dibuat berisikan tentang penjelasan mengenai Covid-19, penularan, gejala, dan usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Poster didesain dengan dengan bahasa yang sederhana, ilustrasi yang menarik, serta menerapkan unsur dan prinsip desain komunikasi visual, seperti seperti kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, dan dominasi. Hal ini penting dilakukan agar nyaman saat dipandang, tidak membuat perasaan terganggu, dan yang terpenting semua informasi yang disampaikan dapat dipahami masyarakat Pekon Kembahang dengan baik. 

“Harapan dari dilaksanakannya program ini adalah agar masyarakat Pekon Kembahang khususnya yang beraktivitas di area Pasar Pekon Kembahang menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan di Era New Normal, dapat menaati kebijakan pemerintah dan ikut andil dalam memutus rantai penularan Covid-19 di Lampung Barat,” ujar Khoirunnisa.

 

Penulis : Khoirunnisa Indriani-21020117120036

Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro 

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc




Pos terkait