Maksimalkan EPP, Pekon Bedudu Ikuti Pembinaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menjelang pelaksanaan evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat. Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau yang mewakili kecamatan setempat terus diberikan pembinaan oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan pemerintah kecamatan setempat, Selasa (25/2).

Kasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sudirman, S.I.P., mendampingi Camat Belalau Sri Handayani, S.H., mengatakan, kegiatan yang dilakukan meliputi pembinaan bagi kader PKK- Pekon, kader posyandu serta sejumlah kader lainnya  yang akna menjadi objek penilaian.

Bacaan Lainnya



“Semua unsur yang terlibat di dalam EPP ini kita berikan pembinaan. Rapat kali ini membahas mengenai persiapan data-data pendukung yang akan digunakan dalam penilaian dan evaluai pekon yang akan dikoreksi pada saat pembinaan dari kabupaten datang,” kata Sudirman.

Sehingga, dalam kesempatan itu pihaknya meminta semua tim pendamping diharapkan menyiapkan seluruh data-data yang berkaitan dengan masing-masing indikator dan sub indikator penilaian, baik di bidang pemerintahan, bidang kewilayahan maupun kemasyarakatan.

“Untuk bidang pemerintahan terdiri dari pemerintahan pekon dan pelestarian adat dan budaya. Bidang kewilayahan meliputi batas-batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana. Bidang kemasyarakatan meliputi partisipasi masyarakat dalam pembangunan, lembaga-lembaga pekon, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakats serta terakhir bidang PKK meliputi program tanaman obat keluarga, PHBS Posyandu dan lainnya,” imbuhnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini selain sebagai kompetisi untk melihat perkembangan pembangunan antar pekon se-kabupaten, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena melalui evaluasi pembangunan pekon ini diharapkan dapat menjadi penunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama sumber daya manusia (SDM) di wilayah setempat.

“Terkait dengan persiapan, kami akan terus melakukan pendampingan untuk membangun persiapan yang matang agar setiap objek yang akan dinilai dapat berjalan dengan baik dan sukses, serta tentunya bisa memberikan hasil yang terbaik untuk kemajuan pekon,” tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait