Maksimalkan Peran Satgas Covid-19, Camat Bambang Gelar Rakor Linsek 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bertempat di SD Negeri Tanjungraya, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral (Linsek), yang melibatkan dinas, instansi, koordinator wilayah (korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Pekon, Kelurahan dan sekolahan.

Rakor Linsek itu sendiri, dalam rangka menindaklanjuti, atau sebagai respon cepat, arahan Bupati Parosil Mabsus, yang menginstruksikan untuk mengoptimalkan Satgas Covid-19 Sekolah, dalam rangka memperkokoh koordinasi dengan satgas pekon, kelurahan dan kecamatan, terkait upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ditegaskan Bambang Hermanto, beberapa hari sebelumnya para camat dan pejabat pemkab lainnya menggelar pertemuan dengan Bupati Lambar evaluasi tentang penanganan virus corona yang terjadi klaster di sekolah sejak dilakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. 

Terkait itu Bambang, sengaja gerak cepat, dengan mengajak seluruh lapisan, dinas instansi, peratin, lurah  dan sekolahan  puskes peratin lurah, sekolahan, untuk menjalankan peran dan fungsi sebagaimana mesti, diantaranya menyiasati jangan sampai terjadi klaster baru penularan virus corona di KBM tatap muka. 

Yang intinya dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 disekolah, ,bukan hanya tugas sekolah tapi tugas bersama satgas pekon dan kelurahan. “Sesuai dengan arahan Pak Bupati, Satgas Sekolah, Pekon, Kelurahan dan Kecamatan, jangan hanya nama saja. Namun benar-benar  berjalan dan selaras dengan tindakan,” sebutnya.

Artinya jika ada murid sekolah yang sakit, seperti batuk, demam, segera diambil langkah secara cepat, baik oleh satgas pekon bersama bidan desa, untuk segera ditangani. 

Selain pemaksimalan Satgas, Bambang berharap kepada masyarakat terutama orang tua, agar memberikan pengawasan lebih kepada anak masing-masing, seperti bimbingan dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Rakor Lintas Sektor ini juga menjadi wahana tukar informasi, dimana bagi sekolah yang memiliki masalah dapat disampaikan dan betul di SDN 1 Mutaralam ada siswa yang mengalami lumpuh dan mengharapkan bantuan kursi roda agar dapat terus sekolah. Ini tentunya jadi tanggung jawab bersama membatu sang murid,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait