Maksimalkan Produksi, BBI Sumberjaya Butuh IPI Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung pemaksimalan produksi dan pengembangan benih ikan, Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) di usianya saat ini telah membutuhkan peremajaan beberapa fasilitas, sarana prasarana perikanan. 

Kepala BBI Sumberjaya Ignatius, S.S.T.Pi., mendampingi Kadis Perikanan Lambar Kamaludin, ST., ketika dikonfirmasi medialampung.co.id di ruang kerjanya menyampaikan, kegiatan produksi benih ikan berjalan baik, bahkan pihaknya tengah berupaya mengkoordinasikan dengan Dinas Perikanan untuk pengebangan produksi pembibitan atau penambahan komunitas induk ikan gurame, bawal, dan lele. Sebagai tambahan dari benih yang dikembangkan sekarang seperti Ikan Nila, Ikan Mas dan Ikan Nilem (Palau).

Bacaan Lainnya

Namun untuk pendukung penambahan komunitas ikan tersebut, Aris—sapaan akrab Ignatius, berharap pemerintah mengupayakan bantuan Instalasi Pemijahan Indoor (IPI).

Seperti pengadaan Corong penetasan, bak tampung larva, corong penetasan pakan alami, instalasi blower, power heater untuk menaikan suhu air, instalasi air asi, dan beberapa perangkat lain termasuk sarana laboratorium. 

“Alat-alat tersebut saat ini di BBI ini sudah ada, namun karena usianya sudah tua, kondisinya tidak layak pakai lagi,” katanya. 

Disebutkannya harapan pengadaan bantuan Instalasi Pemijahan Indoor tersebut sudah diajukan. Bersama usulan pengadaan jaring induk, Lima unit, jaring hapa pemijahan 25 unit. 

“Kalau untuk kolam tahun ini ada dua unit direhab, tapi yang kondisinya saat ini sudah layak direhab juga, enam petak,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait