Malam Ini, Disdikbud Lambar Gelar Pentas Budaya 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerjasama dengan Komunitas-Komunitas Budaya akan mengadakan Pentas Budaya yang secara perdana malam ini, Sabtu (8/8) di Pekon Sebarus Kecamatan Balikbukit.

Pentas budaya tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya khususnya yang terkait dengan kearifan lokal yang memiliki nilai kebhinekaan dan kegotongroyongan.

Bacaan Lainnya



Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Disdikbud Bulki Basri, S.Pd, M.M mengungkapkan, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat memandang komunitas budaya memiliki peran penting dalam pemajuan kebudayaan. 

Komunitas Budaya merupakan kesatuan sosial yang memiliki potensi budaya berupa tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional. Oleh karenanya komunitas budaya memiliki peran penting di dalam proses pemajuan kebudayaan   

“Di dalam kondisi Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) ini kita melakukan uji coba bagaimana supaya kita beradaptasi di New Normal. Agar tidak mematahkan semangat kawan-kawan di sanggar dan para seniman untuk tetap berkarya, bersemangat serta tetap berkreativitas dan tidak membatasi karyanya.  Karena dalam kondisi New Normal,  pada intinya aneka kegiatan sudah boleh beraktivitas seperti biasa dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” kata dia.

Menurut dia, Pentas Budaya yang diselenggarakan bekerjasama dengan Group Orkes Andan Muakhi Jungku Umbulliyoh Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit bertemakan 

“Sejunjung, Seangkonan Kham Setutukan” akan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan diantaranya menyediakan thermogun (pengukur suhu tubuh), menerapkan Physical distancing, jaga jarak, pakai masker dan protokol kesehatan lainnya.

“Kita berharap kegiatan Pentas Budaya ini berjalan lancar,” pungkas dia seraya menambahkan, pentas budaya tersebut akan dihadiri Camat Balikbukit serta sejumlah anggota DPRD serta masyarakat. (lus/mlo)



Pos terkait