Mampu Produksi 12 Tabung per Hari, Gedung Instalasi Oksigen RSUDAU Diresmikan

Medialampung.co.id – Gedung instalasi oksigen Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat, diresmikan oleh bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin, para asisten dan sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkungan pemkab setempat, bersamaan dengan perayaan hari jadi yang ketiga rumah sakit plat merah tersebut, Selasa (30/11). 

Pembangunan gedung instalasi oksigen bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya bagi pasien yang membutuhkan Oksigen, mengurangi ketergantungan RSUDAU dari pihak lain serta menjadi peluang mendapatkan penghasilan (PAD) jika RSUDAU mampu dan memungkinkan menjual Oksigen pada pihak lain. 

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya, Pakcik—sapaan Parosil Mabsus mengungkapkan, pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

“RSUD Alimuddin Umar sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rujukan di Kabupaten Lampung Barat saat ini senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan ini sebagai wujud komitmen seluruh petugas kesehatan dari Dokter Umum sampai Dokter Spesialis, Perawat, Bidan, Analis, Kesling dan Nutrisionis yang berhubungan langsung dengan pasien maupun petugas yang tidak langsung tetapi memberi dukungan besar terhadap kualitas layanan seperti Petugas administrasi, Satpam, CS sampai dengan juru masak yang siap bekerja di belakang layar,” ungkap Parosil. 

Terusnya, setelah pembangunan gedung instalasi oksigen ia berharap semua pihak dapat turut memelihara, menjaga Instalasi Oksigen Generator dengan baik sehingga masa pakai menjadi lebih lama dan mampu memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat Lampung Barat.

“Pemerintah Daerah mengapresiasi Prestasi dan Keberhasilan yang telah diraih oleh RSUD Alimuddin Umar dalam masa pandemi Covid-19 dan kita semua berdoa agar Pandemi segera berlalu sehingga masyarakat dapat kembali hidup normal meski dengan tatanan yang baru,” ujarnya. 

Pemerintah Daerah, kata dia, akan memberikan dukungan penuh terhadap upaya-upaya peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan penyediaan sarana kesehatan, penyediaan tenaga kesehatan baik tenaga penunjang maupun Dokter Spesialis sehingga capaian Akreditasi dari Kementerian Kesehatan tetap Paripurna, Hasil Penilaian Kredensialing dari BPJS tetap layak sehingga dapat tetap memberikan Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat. 

“Saya berharap agar RSUD Alimuddin Umar dapat memberikan pelayanan terbaiknya meskipun di tahun mendatang terjadi perubahan dalam strukturnya (menjadi UPT Dinas Kesehatan) dan sebagai insan yang bertaqwa seluruh jajaran dapat memberikan pelayanan dengan ikhlas dan tetap berkualitas sehingga aktivitas kerja ini juga bernilai ibadah,” kata dia. 

Sementara itu, Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., mengungkapkan, sebagai salah satu unit pelaksana teknis daerah dalam memberikan pelayanan publik, RSAU terus berbenah diri, dan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. 

Dalam mengantisipasi kelangkaan oksigen selama pandemi Covid-19, melalui dukungan bapak bupati sebagai pimpinan daerah, saat ini RSUDAU telah diperkuat dengan generator oksigen berkapasitas 50 LPM dan maksimal dapat memproduksi 12 tabung ukuran 6 kubik per hari sehingga dapat mendukung pemenuhan kebutuhan oksigen di RSUDAU. 

“RSUDAU telah diamanatkan sebagai salah satu RS Rujukan Covid oleh pemerintah daerah, untuk melaksanakan tanggung jawab ini tidak dapat dipungkiri Nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

RSUDAU, sambung dia, telah melakukan upaya semaksimal mungkin dengan segala sumber daya serta dukungan pimpinan daerah sehingga kami dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya.

“Saya selaku pimpinan di rumah sakit ini mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh civitas hospitalia RSUDAU atas dedikasi serta kerja sama yang baik selama menghadapi pandemi dan penanganan pasien Covid-19 gelombang satu dan dua, serta tetap waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang ketiga,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait