Manfaat dan Efek Sampingnya Buah Mengkudu untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Medialampung.co.id – Mengkudu atau Morinda citrifolia disebut juga buah pace atau noni. Buah mengkudu berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik hitam, serta rasa yang pahit.

Rasa buah mengkudu pahit dan biasanya diminum dengan jus dengan kadar gula rendah. Meski pahit, buah mengkudu memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya untuk pengidap diabetes.

Berikut manfaat lainnya buah mengkudu untuk kesehatan seperti dikutip dari Heathline:

Kanker

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil 6-8 gram buah mengkudu setiap hari dapat meningkatkan fungsi fisik, kelelahan, dan rasa sakit pada pengidap kanker stadium lanjut. Namun, buah mengkudu tampaknya tidak mengurangi ukuran tumor.

Kerusakan Tulang Belakang Terkait Usia (spondylosis serviks)

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi jus buah mengkudu dengan fisioterapi selama 4 minggu dapat mengurangi nyeri leher dan meningkatkan fleksibilitas leher. Namun, pengobatan dengan fisioterapi saja dapat menimbulkan rasa sakit.

Atasi Mual

Buah mengkudu dapat mengatasi mual. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu mengurangi mual setelah operasi. Namun, tampaknya tidak memengaruhi muntah.

Tekanan Darah Tinggi

Penelitian awal menunjukkan bahwa minum 4 ons jus buah mengkudu (https://www.detik.com/tag/mengkudu) setiap hari selama satu bulan dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.



Pos terkait