Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Buah naga termasuk buah yang paling mudah dikenali karena bentuknya yang unik. Sebabnya buah yang berasal dari Amerika Tengah ini awalnya bermula dari kaktus yang kemudian berbunga dari sore lalu menjadi layu di pagi hari. Karena keindahan bunganya, sering kali bunga buah naga mendapat julukan moonflower atau Queen of The Night.

Tak berhenti di situ, umumnya buah naga memiliki tampilan kulit yang berwarna merah (terkadang kuning) dengan daging buah yang berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji hitam. Selain itu, buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini rendah kalori namun tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Berikut Manfaat Buah Naga bagi kesehatan dan ibu hamil.

1. Membantu mengurangi berat badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

2. Camilan sehat bagi Anda yang sedang berdiet

Sama halnya dengan poin pertama, bagi Anda yang sedang berdiet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda, mak tidak salah jika Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

3. Membantu proses detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

4. Mampu mencegah kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.



Pos terkait