Manfaatkan Hari Libur, Penyuluh KB Bina Kader BKB

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Balai penyuluh keluarga berencana (KB) Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat melakukan pembinaan bagi kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Pekon Kembahang, Kecamatan Setempat, Kamis (11/3).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi terkait program KB terutama perencanaan keluarga dengan pendekatan pada optimalisasi perhatian pola asuh anak balita di keluarga.

Bacaan Lainnya


Kepala Balai penyuluh KB Batubrak M. Sanusi mendampingi kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (P2KBP2A) M. Henry Faisal, S.H, M.H, mengatakan Bina keluarga balita merupakan kegiatan yang secara khusus melakukan pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur.

“Program ini menjadi upaya kita untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya termasuk pada pengarahan untuk mengikuti kontrasepsi jangka panjang agar pengasuhan terhadap balita bisa maksimal dan tidak mengalami kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat,” papar Sanusi dalam materi yang disampaikannya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Di setiap pekon terdapat kader BKB yang kegiatannya bergandengan dengan jadwal Posyandu setiap bulan. Sementara dalam Pelayanan BKB, pihaknya memberikan penyuluhan kepada orang tua sekaligus menindaklanjuti apabila menemukan anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang.

“Disisi lain program ini sebagai upaya deteksi ini untuk memastikan seluruh anak batita dan balita di Kecamatan Batubrak tumbuh sehat sesuai dengan kelompok umur,” jelasnya.

Untuk itu, dalam kegiatan itu pihaknya terus mengingatkan para orang tua agar dapat mengurus dan merawat serta pandai membagi waktu untuk anak.

“Disamping itu kami juga berharap kepada para orang tua dapat terus memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang baik dan benar dan tentunya Dapat mencurahkan perhatian dan kasih sayang terhadap anak,” pesannya.(edi/mlo)




Pos terkait