Manfaatkan Sampah Plastik, PKK Pekon Puramekar Bangun Taman Literasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berswafoto (selfie) merupakan bagian dari gaya hidup di era modern.  Hal itu tak lepas dari kemajuan teknologi yang diciptakan dalam memberikan kemudahan dan kecepatan interaksi maupun segala aktifitas.

Dalam memanfaatkan kemajuan tersebut, Kaum perempuan yang tergabung dalam kader PKK Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) membangun taman selfie tersebut dengan memanfaatkan limbah jenis plastik menjadi aneka ragam kerajinan tangan yang memikat mata dengan nama taman literasi.

Bacaan Lainnya

Terkait, itu siapa saja yang berkunjung ke Balai Pekon Puramekar, akan disuguhkan keindahan taman literasi, yang berada di depan balai pekon tersebut, sebagai pendukung kemegahan gedung balai pekon dan beberapa fasilitas lainnya.     

Sekretaris PKK Kecamatan Gedungsurian, Dwi Hestia Ninggrum, kegiatan yang dilaksanakan kader PKK Pekon Puramekar, yang dikomandoi Ketua TP-PKK setempat Edeh Ratna Sari yakni dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi hiasan dan pernak pernik menarik, menjadi salah satu inovasi desa (pekon) yang bukan saja menciptakan taman untuk bermain yang menjadi bagian dari literasi.

Tetapi juga salah satu inovasi dalam mengurangi keberadaan sampah, yang setiap harinya bertambah dan berpotensi merusak lingkungan. “Apa yang dilaksanakan ibu-ibu ini merupakan sebuah literasi kerajinan,” ungkapnya. 

Sementara dikatakan Edeh Ratna Sari, kegiatan pemanfaatan sampah plastik, mulai dari kantong (kresek), botol minuman mineral, dan lainnya merupakan inisiatif para kader PKK dalam menjalankan peran dan fungsi sekaligus sebagai sarana silaturahmi antar sesama. 

“Perkumpulan kami dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi barang yang memiliki daya tarik ini dilaksanakan Dua kali dalam sepekan yakni Senin dan Rabu,” ungkapnya.

Dan saat ini beberapa hasil kerajinan yang telah diolah kini sudah dapat dilihat di Taman Literasi setempat bahkan mulai dijadikan para pengunjung khususnya warga sekitar tempat bersantai dan berswafoto. (r1n/mlo)




Pos terkait