Mantan Wabup Pesbar Diduga Belum Kembalikan Randis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mantan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Erlina, S.P, M.H., diduga belum mengembalikan kendaraan dinas (Randis) yang digunakan saat menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Pesbar.

Menyikapi hal itu, Plh. Bupati Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., membenarkan randis yang biasa digunakan Wakil Bupati Pesbar itu, kini masih digunakan oleh mantan Wakil Bupati Pesbar.

Bacaan Lainnya

“Kami menghormati keberadaan mantan pejabat di kabupaten ini, begitu juga sebaliknya kami berharap para mantan pejabat yang pernah bertugas dapat menghormati Pemkab Pesbar,” kata dia.

Dijelaskannya, seharusnya begitu masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati selesai, semua yang berkaitan dengan aset milik Pemkab Pesbar dikembalikan, begitu juga dengan Randis yang biasa digunakan dalam menjalan tugas.

“Memang kalau merujuk pada aturan randis itu harus langsung dikembalikan begitu masa jabatan selesai, jadi tidak ada lagi Randis yang masih digunakan diluar struktur pemerintahan,” jelasnya.

Ditegaskannya, randis itu merupakan milik Wakil Bupati, jadi harus digunakan pejabat sesuai dengan jabatannya, sehingga tidak diperkenankan digunakan oleh pejabat diluar jabatannya, apalagi jika sudah tidak memiliki jabatan lagi.

“Randis itu adalah milik Wakil Bupati, jadi hanya boleh digunakan oleh Wakil Bupati, saya juga tidak boleh menggunakannya karena sudah ada aturan yang mengatur dalam penggunaan Randis itu,” terangnya.

Tapi, jika mantan pejabat masih ingin menggunakan randis milik Pemkab, ada mekanisme yang harus dilalui, jadi tidak begitu saja randis itu digunakan tanpa melalui proses terlebih dahulu.

“Dalam Permendagri No.19/2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, semua pemanfaatan aset daerah sudah diatur disana,” ujarnya.

Dirinya berharap, mantan wakil bupati Pesbar periode 2016-2021 itu segera mengembalikan Randis yang biasa digunakan ke Pemkab Pesbar.

“Karena kita masih menghormati yang bersangkutan sebagai mantan wakil bupati, kita berharap yang bersangkutan juga bisa paham dengan kondisi sekarang ini,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait