Masa New Normal, Pelaksanaan Shalat Ied Kembali Meriah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meskipun hingga saat ini masih diberlakukan penerapan new normal, dampak pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), Namun tidak mengurangi, kekhusyukan kemeriahan hari raya Idul Adha (Kurban) di pekon-pekon.

Seperti terpantau di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat, masyarakat melaksanakan Shalat Ied di tempat ibadah masing-masing seperti di masjid dan mushola atau kembali normal seperti sebelum pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya



Bahkan Camat Agus Supriatna, S.P., mengikuti Shalat berjamaah di Masjid Agung, bersama warga Kelurahan Tugusari.

Dikonfirmasi via handphone, Agus menyebutkan sejak beberapa hari sebelumnya masyarakat telah diimbau untuk mentaati penerapan protokol kesehatan (prokes) ketika hendak melaksanakan shalat ataupun prosesi penyembelihan hewan kurban.

Hal itu diarahkan lantaran dalam dua agenda itu. Yakni Shalat dan pemotongan hewan kurban terjadi perkumpulan banyak orang, jadi untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 maka dilakukan imbauan-imbauan pemerintah. Walaupun masih ada ditemukan satu dua orang tidak menggunakan masker.

“Alhamdulilah pelaksanaan Shalat ID berjalan seperti biasanya, masyarakat melaksanakan di tempat ibadah masing-masing termasuk pelaksanaan kurban di lokasi yang sudah disiapkan. Tetapi karena pada perayaan tahun ini jatuh pada Dua khutbah atau bertepatan dengan hari Jumat maka ada pelaksanaan kurban baru dilaksanakan Sabtu esok,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pihaknya kembali menghimbau masyarakat untuk tidak lalai apalagi sengaja tidak mentaati prokes, sebab meski saat ini kegiatan sudah berlangsung normal tapi virus corona belum berakhir. Terbukit setiap harinya masih banyak masyarakat yang terpapar. (rin/mlo)



Pos terkait