Masalah Jerawat, Apakah Perlu Dibawa ke Dokter?

  • Whatsapp
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Medialampung.co.id – GEMAS dengan jerawat yang ada di wajah? Pasti mengesalkan ya memiliki jerawat, terutama ketika kita hendak memiliki acara.

Dokter Sari Chairunissa, SpKK mengatakan banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir jerawat dari kulit wajah. Tapi, semua memiliki penanganan yang berbeda tergantung parah atau tidaknya jerawat.

Bacaan Lainnya



“Berdasarkan study, jerawat 80 persen bisa sembuh sendiri. Cukup rawat dengan membersihkan wajah yang benar, nanti bisa sembuh sendiri,” kata perempuan ramah yang akrab disapa dr. Sari ini.

Merawat jerawat ringan bisa dilakukan dengan membersihkan wajah secara rutin. Pastikan sabun muka benar-benar membersihkan sisa make-up ataupun kotoran yang menempel di permukaan kulit.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Namun jika jerawat di wajah sudah meradang, dr. Sari mengatakan boleh dikonsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat sebelum menjadi lebih parah. “Apalagi jika jerawatnya memerah, besar dan juga sampai bernanah, ini namanya sudah meradang,” lanjutnya.

Biasanya, dokter akan meredakan peradangan dengan memberikan krim anti inflamasi. Tapi, jika jerawat belum mereda juga akan ada tindakan lanjutan yang dilakukan misalnya dengan peeling. “Semakin besar jerawat maka makin besar juga bekasnya, menghitam, luka, bahkan hingga bopeng,” terang dr. Sari.(oke/mlo)



Pos terkait