Masih Banyak Warga Pesbar Abaikan Prokes

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Koramil 422-02/Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bersama pihak kepolisian dan aparat Pemerintahan setempat, kembali melaksanakan kegiatan operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes). Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, seperti di Pasar Sumurjaya Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (21/10).

Danramil 422-02/Pesisir Selatan, Kapten CBA, Indra Jaya, mengatakan  hingga kini pemerintah masih mengkhawatirkan akan bahaya wabah virus corona atau Covid-19, terlebih wabah itu belum dapat dipastikan kapan berakhir. Untuk itu, pemerintah menganjurkan tatanan kehidupan baru (new normal) agar masyarakat dapat beradaptasi dengan Covid-19.

Bacaan Lainnya


“Untuk menindaklanjuti anjuran pemerintah itu, kami hingga kini terus melaksanakan kegiatan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan dalam hal ini operasi Yustisi seperti dilaksanakan di pasar Sumur Jaya ini,” katanya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan operasi Yustisi dengan melibatkan semua pihak terkait seperti aparat kepolisian, pemerintah setempat dalam hal ini BPBD, Satpol-PP, pihak kecamatan, Puskesmas dan terkait lainnya itu masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak memakai masker saat berada ditempat-tempat umum seperti di Pasar Sumur Jaya dan masyarakat yang melintas di jalan raya di daerah itu.

“Kami langsung memberikan pemahaman ke masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker itu,” jelasnya.

Masih kata dia, pemahaman dan imbauan yang disampaikan kepada warga itu dengan tujuan agar ketika berada di luar rumah atau beraktifitas diluar rumah seperti di pasar tradisional itu untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan sebagainya.

Ditambahkannya, kegiatan penegakkan disiplin protokol kesehatan pada operasi Yustisi itu akan terus dilaksanakan. Terutama dengan sasaran lokasi yang menjadi tempat kerumunan warga seperti pasar, dan pusat perbelanjaan lainnya.

“Kita juga minta masyarakat bisa terus berperan aktif untuk disiplin bersama-sama sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait