Masjid Muawanah Peringati Tahun Baru Hijriah dengan Menyantuni Anak Yatim

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setiap tahun, seluruh umat muslim merayakan pergantian tahun baru Islam yang dikenal sebagai kalender Hijriah. 

Menyambut tahun baru tersebut, Masjid Muawanah yang berada di Jl. Sultan Agung Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kedaton  melaksanakan peringatan I Muharram dengan memberikan santunan kepada 14 anak Yatim, Selasa (10/8).

Bacaan Lainnya

Ketua takmir Masjid Muawanah Muhammad Belli dalam sambutannya mengatakan, umat Islam harus banyak bersyukur, apalagi ini memasuki tahun baru Islam 1443 H.

“Walaupun disaat pandemi Covid-19 tidak menghalangi jamaah untuk menghadiri peringatan 1 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Sekarang memang banyak cobaan bagi umat muslim dengan adanya wabah, namun cobaan itu bisa diatasi dengan terus beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

“Dengan meningkatkan taqwa dan Iman kita kepada Allah SWT Insyaallah semua masalah dan cobaan akan mudah diatasi,” tuturnya

Sementara itu Ustadz Ahmad Yani mengatakan dalam ceramahnya, jika Hijrah bermakna meninggalkan kampung halaman. 

“Dalam istilah kita untuk mencapai suatu hal yang hakiki agar Kita bisa merubah diri kita menjadi lebih baik,” ujar Ustadz Ahmad Yani.

Penceramah yang juga memiliki bimbingan Haji dari Yayasan Asyifa ini mengingatkan kepada kaum muslimin agar mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari Makkah ke Madinah.

“Itu adalah ikhtiar kebaikan, dan salah satu contoh dari hijrah yang diamanahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kesadaran untuk menjadi lebih baik, kesadaran untuk rela berkorban demi hal-hal yang lebih besar, kesadaran untuk membangun budaya hidup baru yang lebih bermanfaat dan produktif,” katanya.

“Kebaikan dari seorang anak itu tidak lepas dari seorang ibu, walaupun ayahnya sholeh bagaimanapun tetap ibu itulah yang menjadi jarum kehidupan, karena saking sayangnya seorang ibu rela berkorban untuk anak-anaknya,” jelas ustadz Ahmad Yani.

Dalam akhir ceramahnya ustadz Ahmad Yani meminta kepada kaum muslimin khususnya pada jamaah Muawanah agar tetap istiqomah dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

“Banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjuangan Nabi Muhammad SAW, semasa hijrah dari Makkah ke Madinah yang telah membuat Islam berkembang pesat,” terangnya.

“Mari kita makmurkan masjid kita dengan kegiatan yang bermanfaat seperti adanya pengajian,dan taklim seperti selesai sholat subuh juga membaca qur’an secara berjamaah,” tutup Ustadz Ahmad Yani.(jim/mlo)


Pos terkait