Masyarakat Blambangan Umpu Cemaskan Kabel Tanam yang Muncul ke Permukaan Jalan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Blambangan umpu Kabupaten Waykanan, meminta pihak terkait untuk segera memperbaiki kabel listrik lampu penerangan jalan yang ditanam di ruas jalan Pintu Gerbang Komplek Perkantoran Pemkab Waykanan

Jaringan kabel tersebut nampak sudah muncul ke permukaan jalan dan terkelupas dan tentunya sangat membahayakan masyarakat serta pengguna jalan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan wartawan medialampung.co.id, Kabel yang semrawut dan muncul permukaan jalan tersebut karena tanah penutupnya yang juga berfungsi sebagai taman  tersebut diduga sudah rusak termakan usia.

“Kami khawatir kabel itu terkelupas karena sudah nongol di permukaan jalan dan dilintasi para pengguna jalan, khawatir kesetrum apalagi saat ini musim penghujan dan kabel-kabel itu digenangi air, tentu tidak menutup kemungkinan akan menciptakan arus listrik, dan bisa mencelakai masyarakat,” ujar Kadarsyah, warga setempat, Minggu (7/3).

“Saya sangat berharap, supaya pihak  terkait dapat memperbaiki kabel-kabel yang keluar itu, karena sangat membahayakan,” keluhnya. 

Terpisah, Filman Tasbir, salah satu Pegawai PLN yang dikonfirmasi menegaskan jika kabel tersebut sejak dipasang belum pernah difungsikan dan tidak ada aliran listriknya.

“Setahu saya, sejak dibangun dan dipasang kabel untuk lampu pada median jalan itu tidak berfungsi termasuk tiang tiang listrik yang ada di tengah jalur dua tersebut, entah apa masalahnya kami tidak tahu kenapa proyek itu begitu, dan saya tidak bisa komentar banyak, cukup itu saja,” ujar Filman,

Persoalan listrik di Waykanan memang tidak pernah usai, dan bahkan sejak memasuki musim hujan, listrik dalam semalam bisa 3 hingga 4 kali padam dalam kurun waktu 10 menit, sehingga sangat merugikan masyarakat pengguna karena hal itu dapat merusak barang barang elektronik masyarakat.

Ironisnya pemadaman itu diduga terjadi akibat kabel yang tertimpa pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang jaringan listrik dan tidak ditertibkan oleh petugas PLN yang setiap hari juga melaluinya.(wk1/mlo)


Pos terkait