Masyarakat di Tiga Pekon Terpencil Terima BLT-DD Tahap III

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat di tiga pekon, yaitu Pekon Tawan, Pekon Ujungrembun dan Pekon Pancurmas kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat  yang masuk daftar penerima manfaat kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Kamis (25/6).

Penyaluran BLT-DD tahap III di masing-masing pekon tersebut berlangsung tertib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hadir Camat Lumbokseminung Pinnur, S.E, Peratin Tawan Kiston, Peratin Ujungrembun Jawadi, Peratin Pancur Mas Dadang Ermayadi, babinsa, babinkamtibmas serta unsur lembaga himpun pemekonan masyarakat (LHP).

Bacaan Lainnya

Camat Lumbokseminung Pinnur mengatakan, program bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi semasa pandemi Covid-19.

“Seluruh peratin beserta jajaran diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. dan bantuan ini harus benar-benar tersalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu dan tepat sasaran sesuai kriteria yang telah di tetapkan,” kata Pinnur. 

Melalui kesempatan itu, Pinnur juga menyampaikan program penyaluran BLT-DD secara resmi  telah diperpanjang yang semula hanya tiga bulan, kini menjadi enam bulan. Keputusan ini telah diatur pada peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/ PMK.07/2020 Tentang perubahan kedua atas PMK Nomor 205/PMK.07/2019, terkait pengelolaan dana desa.

“Terbitnya aturan tersebut yang mulanya BLT-DD disalurkan pada April hingga Juni, kini diberikan bulan sampai September 2020 namun besaran perbulannya diberikan Rp 300 ribu. Mulai Juli hingga September,” imbuhnya.

Sementara, Peratin Ujung Rembun, Jawadi mengatakan Sesuai kesepakatan bersama, pihaknya kembali menyalurkan BLT-DD. Kali ini BLT-DD tahap ketiga atau periode Juni. 

“Seperti kita ketahui bahwa bantuan uang tunai bagi warga terdampak Covid-19 ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” kata Jawadi

Lanjutnya, pada tahap ini, untuk penerima BLT di pekon setempat, masih sama dengan jumlah pada penyaluran tahap pertama atau periode Mei 2020, yaitu sebanyak 29 KK dengan jumlahnya yang sama yaitu sebesar Rp600 ribu. 

“Semoga 29 KK yang menerima bantuan serta seluruh lapisan masyarakat di pekon turgak tetap rukun melawan Covid-19, dan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang sudah pastikan betul-betul layak mendapat bantuan,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait