Masyarakat Harus Beri Dukungan Pada Warga Positif Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Tedi Zadmiko, S.Km., minta masyarakat memberikan dukungan dan mendoakan enam orang warga yang positif Covid-19 segera sembuh agar dapat kembali melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Temboro, Provinsi Jawa Timur. 

“Jangan sampai ada masyarakat yang mendiskriminasi, mengucilkan, atau mencemooh para santri itu berikut keluarganya, tapi kita minta masyarakat memberikan dukungan pada mereka,” kata dia.

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, para santri yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan kini sedang menjalani isolasi. Mereka menjalani swab test setelah diadakan rapid test dengan hasil reaktif, hasil swab test yang keluar pada 5 Juli lalu hasilnya positif Covid-19.

“Mereka (Santri) merupakan OTG, meski ada virus corona dalam tubuh mereka namun dalam keadaan sehat tapi harus tetap dilakukan isolasi dan mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, selama menjalani isolasi di cottage pantai labuhan jukung, mereka diberikan makanan bergizi, buah-buahan, obat dan vitamin agar cepat sembuh atau negatif dari virus corona tersebut. 

“Jika mereka telah negatif dari Covid-19, maka Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Pemkab Pesbar akan menyediakan transportasi untuk mereka kembali ke pondok pesantren dimana mereka menimba ilmu,” terangnya.

Ditambahkannya, penyakit Covid-19 bukan aib yang harus dijauhi oleh masyarakat. Tidak ada seorang pun yang menginginkan terjangkit dan siapa pun bisa menjangkiti penyakit ini, karena itu masyarakat harus bersama-sama memberikan dukungan pada mereka yang terjangkit. 

“Semua harus kompak dan saling mendukung untuk bersama-sama melawan Covid-19, salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 itu,” ujarnya

Sementara itu, hingga kini tercatat saat ini tercatat sembilan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesbar. Enam orang di antaranya masih dalam isolasi dan perawatan. Sementara tiga pasien lainnya telah sembuh atau negatif. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait