Masyarakat Keluhkan Tumpukan Sampah di Sepanjang Jalan Desa Gedung Raja

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Beberapa Kampung yang bertetangga dengan Desa Gedung Raja Kecamatan Hulu Sungkai Lampung Utara mengeluhkan bau yang tidak sedap dari sampah yang menumpuk dan berserakan di sepanjang jalan Desa Gedung Raja tersebut, karena tumpukan sampah itu bertebaran hingga ke bibir jalan dan terkesan dibiarkan, sehingga dikhawatirkan dapat menjadi biang penyakit, baru bagi masyarakat yang saat ini sedang dilanda ketakutan akan pandemi Covid-19.

Lebih Ironi lagi, lokasi tumpukan sampah ini tak jauh dari Kantor Camat Hulu Sungkai, Kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun, namun Pemerintah Desa Gedung Raja dan Pemerintah Kecamatan Hulu Sungkai, seakan menutup mata, padahal sampah yang mengeluarkan aroma tidak sedap itu terletak di akses vital, dan bukan jalan alternatif, namun di jalan utama sehingga akan dilalui oleh semua masyarakat yang akan menuju ke Kecamatan Hulu Sungkai dan menuju ke Kecamatan Gunung Labuhan Waykanan. 

Bacaan Lainnya

“Sampah yang menumpuk dan berserakan itu kan pasti setiap hari dilihat oleh unsur Pimpinan Kecamatan Hulu Sungkai Lampung Utara dan juga aparat Desa Gedung Rejo tetapi anehnya kok tidak mereka bersihkan, dan sama sekali belum adanya pengangkutan oleh pemerintah setempat. Baik Pemerintah Desa, Kecamatan Bahkan dinas terkait, sehingga sampah semakin banyak, apa mesti Pemkab Waykanan yang membersihkan,” ujar O Ajuan F. tokoh pemuda setempat..

“Kalau ditanya kesal atau tidak, tentu kami sebagai warga yang aktivitasnya disini sangat kesal sekali, tapi apa boleh buat karena peran kami sebatas masyarakat tidak memegang kewenangan, yang punya kewenangan adalah Pemerintah Desa, dan desanya itu juga masuk Lampung Utara bukan Waykanan, tolonglah segera dibersihkan sampah-sampah ini,” imbuhnya.

Amrizal, Kepala Desa Gedung Raja saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa sampah yang berserakan itu merupakan sampah pasar dan warga lain dari luar Desa Gedung Raja yang sengaja membuang sampah di lokasi tersebut.

“Sampah ini berasal dari pasar, dan orang orang yang berasal dari luar desa kami, yang sengaja buang sampah disitu juga banyak orang orang Desa Gedung Negara ,” terang Amrizal.

Lebih jauh Amrizal menerangkan, kalau dia dan warganya sudah beberapa kali melakukan gotong royong membersihkan tumpukan sampah di lokasi itu dan bahkan sudah memasang banner Himbauan larangan membuang sampah, akan tetapi upaya itu nihil. Namun saya berjanji akan segera melakukan tindakan real untuk membebaskan lokasi itu dari oknum tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. 

“Kami tetap berupaya mencegah bagi warga yang membuang sampah di sana, akan tetapi mengingat ini menyangkut desa tetangga juga, maka akan saya koordinasikan dengan aparatur Kampungnya, guna mencari jalan terbaik sebagai upaya terbaik kami sebelum mungkin akan melaporkan pelakunya kepada pihak yang berwenang, karena kami selalu yang menjadi korban penderita,“ tegas Amrizal tetap berupaya bagaimana baik nya untuk sampah-sampah tersebut, selain itu kami juga merasa bingung sampah ini nanti mau dibuang kemana,” ujar Amrizal.(wk1/mlo)

Pos terkait