Masyarakat Suoh-BNS Segera Nikmati Jalan Mulus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (DBMBK) Provinsi Lampung dan juga Pemkab Lampung Barat bersinergi melakukan penanganan ruas jalan Sukabumi-Suoh Kabupaten Lampung Barat, yang menjadi akses utama masyarakat di dua kecamatan yakni Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS). Penanganan ruas jalan tersebut berupa pengerasan dan dilanjutkan pengaspalan maupun rigid beton.

Untuk DBMBK Provinsi Lampung mengalokasikan Rp7 Miliar, pembangunan terbagi tiga segmen. Penanganannya berupa rigid beton dan pengaspalan. Dari total panjang ruas jalan tersebut yakni 33 kilometer, saat ini tersisa sekitar 7 kilometer lagi yang belum ditangani dan penanganan tahun ini sepanjang 2.350 meter.

Kepala DBMBK Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan infrastruktur di Provinsi Lampung tak terkecuali di ruas jalan Sukabumi-Suoh.

”Tentunya kami terus berupaya memberikan yang terbaik untuk jalan di Lampung, hanya saja perlu diakui bahwa kita terkendala biaya dan SDM,” ungkap Mulyadi, melalui pesan WhatsApp, Rabu (9/12).

Sementara, Kabid Bina Marga DPUPR Lambar Robert Putra, ST., menjelaskan, untuk anggaran yang disiapkan kabupaten sebesar Rp1 Miliar penanganan di ujung ruas Sukabumi-Suoh pertigaan Way Heni berupa rigid beton, dan penanganan dari pertigaan Way Heni sampai dengan pertigaan ringin (Jembatan Way Semangka) dengan nilai Rp1,5 miliar.

”Tidak hanya itu pemeliharaan Sukajadi-Banding Agung dianggarkan Rp1 miliar, sehingga total untuk bersumber APBD Lambar sebesar Rp3,5 Miliar bersumber dana bagi hasil (DBH) provinsi lampung, kemudian Penanganan jalan Way Heni-Sukamarga (letusan) dengan pagu Rp700 juta melalui anggaran DBH juga,” bebernya.

Di lain pihak, Ketua Komisi II DPRD Lambar yang juga berasal dari BNS Sarwani, SE., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Lampung dan Pemkab Lambar yang telah melakukan penanganan pada ruas jalan tersebut. Menurutnya, dengan adanya penanganan ruas jalan tersebut tentunya akan berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat Suoh dan BNS.

”Titik yang dibangun oleh Pemprov dan juga Pemkab lambar tahun ini merupakan titik yang terparah saat musim penghujan, hanya kendaraan tertentu saja yang bisa melintas. Bahkan banyak kendaraan terjebak berhari-hari di lokasi, karena itu dengan adanya pembangunan tersebut saya atas nama masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Lampung,” kata dia. (nop/mlo)


Pos terkait