Masyarakat Swadaya Perbaiki Jalan Pekon

  • Whatsapp

Medialamapung.co.id – Kebersamaan dan jiwa sosial warga Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam dalam menjaga aset pekon layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, warga setempat melakukan swadaya dengan gotong-royong bersama aparatur pekon memperbaiki badan jalan pekon yang rusak.

“Jalan yang sudah mengalami kerusakan dan kami berikan perbaikan ini merupakan bangunan Rabat Beton yang dibangun melalui Anggaran Dana Desa (ADD) 2016,” ungkap Peratin Mustain.

Bacaan Lainnya



Pada kesempatan itu Mustain menyampaikan apresiasi kepada warganya yang sangat peduli dan siap sumbangan untuk menjaga fasilitas umum sepertihalnya memerbaiki akses jalan tersebut. “Karena usia dan porduktif dilintasi kenderaan cor permukaan badan jalan mulai terkelupas dan saat ini kami tabal lagi dengan swadaya tersebut,” tegasnya.

Mustain menyebutkan kepedulian warga memang diperlukan pekon dalam hal pembangunan. Pasalnya meskipun setiap tahunnya ada ADD. Namun, kebutuhan pembangunan bukan hanya di bidang pembangunan fisik. Dan di satu atau dua titik saja, melainkan mencakup semua yang berkaitan dengan kehidupan warga.

“Meskipun di era sekarang ini pekon telah memiliki ADD. Namun bukan alasan bagi warga untuk tidak mengabdi dan berbakti untuk pekon,” jelasnya.

Artinya, kata dia, jika tidak adanya inisiatif dan kebersamaan dari pengguna manfaat yakni warga seperti dalam menjaga bahkan hingga memperbaikinya maka fasilitas yang dimiliki akan cepat rusak.

“Pemerintah menyediakan bangunan dan tugas warga menjaga dan merawatnya, dan pola itu alhamdulilah diterapkan dengan baik dipekon ini,” ujarnya.

Sementara dikatakan salah satu warga Joko, inisatif warga melakukan swadaya pemeliharaan jalan tersebut, semata-mata karena tidak ingin terkedala dalam akses jalan karena jalan rusak yang tidak diperbaiki. “Kalau jalan ini sampai rusak parah kami sendiri yang dirugikan,” tandasnya.(ius/hrs/mlo)



Pos terkait