Material Longsor Berhasil Dibersihkan, Arus Lalin Masih Buka-Tutup

  • Whatsapp

Medialampung.co.id-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), langsung bergerak cepat membersihkan material tanah longsor yang terjadi diruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) menuju Provinsi Bengkulu di Pekon Tebakak Waysindi, Kecamatan Karyapenggawa.

Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S. Pi. mengatakan dalam melakukan pembersihan material longsor tersebut, pihaknya melibatkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Satlak Penanggulangan Bencana.

Bacaan Lainnya



“Pembersihan yang dilakukan anggota dilapangan dilakukan secara manual, karena petugas berupaya agar badan jalan kembali terbuka dan arus lalulintas kembali normal,” kata dia.

Menurutnya, karena menggunakan peralatan manual proses pembersihan material longsor yang didominasi tanah dan batu tersebut berjalan cukup lama, sehingga membutuhkan waktu sekitar satu jam agar badan jalan kembali terbuka.

Karena dilakukan secara manual, jadi proses pembersihannya cukup lama, apalagi material yang dibersihkan selain tanah ada juga batu dan pepohonan,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini badan jalan sudah kembali terbuka, kendaraan sudah bisa melintas meski diberlakukan sistem buka tutup agar kendaraan dari kedua arah dapat melintas dengan aman.

“ Masih diberlakukan sistem buka tutup, untuk membersihkan semua material longsor itu, kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR, mudah-mudahan alat berat bisa diterjunkan,” ujarnya. (yogi/mlo)



Pos terkait