Mau Buat Paspor tapi Malas Antri, Kantor Imigrasi Kelas I Bandarlampung Siap Datang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ditengah pandemi Covid-19 ini semua urusan pun menjadi terlambat. Termasuk membuat paspor. Untuk itu pihak Kantor Imigrasi Kelas I Bandarlampung mempermudahnya, dengan meluncurkan program Eazy Passport –layanan paspor kolektif.

Layanan paspor kolektif ini merupakan kegiatan jemput bola dari Imigrasi Kelas I Bandarlampung. Ini merupakan suatu terobosan baru agar masyarakat tak mengantri lagi.

Bacaan Lainnya



“Jadi para pemohon (masyarakat membuat paspor) tak perlu lagi datang ke kantor,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Danan Purnomo, Selasa (8/9).

“Nanti pihak Imigrasi yang akan datang. Contohnya saat ini kami mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang,” tambahnya.

Mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) pun menambahkan, kegiatan ini pun bisa diajukan oleh kalangan apapun.  Seperti mahasiswa, instansi dan swasta yang akan membuat paspor.

“Ajukan saja ke kami. Nanti kami akan mendatangi pihak tersebut yang akan membuat paspor,” kata dia.

Pihaknya pun tak menargetkan jumlah orang yang akan membuat paspor tersebut. Apabila ada sekitar 20 sampai 50 orang akan dilayani. 

“Kegiatan ini pun direncanakan akan dilaksanakan di instansi lain. Kini sudah ada 20 penawaran. Kami membuka semua elemen masyarakat. Baik itu mahasiswa apapun yang lain,” jelasnya.

Dan ditanya apakah dalam satu pekan kegiatan ini terus akan dilakukan, ia pun masih melihat kondisinya terlebih dahulu. 

“Dalam satu pekan ini masih kami lihat permohonannya. Dan tak kami target kan. Kegiatan ini pun hanya dilakukan saat masa pandemi saja,” ungkapnya.

Di Lampung sendiri kegiatan ini baru dilakukan di dua instansi. Yakni di Polres Lampung Selatan (Lamsel) melalui Kantor Imigrasi Kalianda. Dan di PN Kelas IA Tanjungkarang Bandarlampung. Melalui Kantor Imigrasi Kelas I.

“Walaupun di masa pandemi Covid-19 kegiatan dalam pelayanan terhadap masyarakat tetap akan kami usahakan berjalan,” katanya.

Sementara itu, Kepala PN Kelas IA Tanjungkarang: Timur Pradoko pun sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak Kantor Imigrasi Kelas I Bandarlampung.

“Terutama saya ucapkan terimakasih kepada Imigrasi dan Kanwil telah membuat terobosan tentunya ini sangat menguntungkan PN Tanjungkarang,” jelasnya.

“Seperti diketahui kalau antri jelas banyak. Tapi kami ini didatangi. Dan kami pun tak perlu meninggalkan kantor sehingga pekerjaan semua terlayani. Dan saya salut dengan pihak imigrasi. Kita apresiasi,” pungkasnya. (mlo/)



Pos terkait