Mau Pilih D4/Sarjana Terapan Polinela di SNMPTN/SBMPTN 2021? Ini Ketentuan dan Daftar Prodinya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berbeda dengan pola dan aturan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2020, tahun ini siswa yang berminat mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Politeknik Negeri Lampung (Polinela), wajib mengetahui dan memahami jalur, pola dan aturannya agar tidak salah memilih jalur penerimaan dan dapat melakukan persiapan lebih matang.

Pembantu Direktur I Bidang Akademik Polinela, Dwi Puji Hartono, S.Pi, M.Si., menjelaskan, perbedaan dan hal baru tersebut yakni tahun ini Politeknik Negeri Lampung dan beberapa politeknik lainnya bekerja sama dengan LTMPT untuk melaksanakan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru. 

Bacaan Lainnya


Pembantu Direktur I Bidang Akademik Polinela, Dwi Puji Hartono, S.Pi, M.Si

Khusus siswa SMA/SMK/MA/sederajat kelas XII yang berminat mendaftar pada program studi dengan jenjang D4/Sarjana Terapan di Politeknik Negeri Lampung wajib mengikuti proses dan pola seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) UTBK tahun 2021. 

Berdasarkan keterangan Pembantu Direktur I Polinela bahwa, Pendaftaran calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara resmi dibuka pada hari Senin (4/1/2020) secara daring oleh Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, Ph.D. Khusus Pendaftaran SNMPTN dimulai pada 15-24 Februari, dan SBMPTN-UTBK dimulai 15 Maret–1 April 2021.

Informasi pendaftaran secara lengkap SNMPTN dan SBMPTN dapat dilihat pada laman http://www.ltmpt.ac.id., dan informasi lengkap tentang Politeknik Negeri Lampung dapat dilihat di laman http://pmb.polinela.ac.id.

Berikut sejumlah ketentuan bila kamu memilih program studi D4/Sarjana terapan di politeknik negeri lampung melalui seleksi di SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021.

  1.  Sepuluh (10) program studi yang dibuka/ditawarkan adalah hanya program studi dengan jenjang pendidikan sarjana terapan atau Diploma IV (D4), sehingga program studi jenjang D3 tidak termasuk. Khusus program studi jenjang D3 masih mengikuti pola seleksi seperti tahun 2020, yaitu pada jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Lampung (SNMPN), https://snmpn.politeknik.or.id, dengan jadwal pendaftaran yang nyaris sama dengan SNMPTN.
  2. Maksimal dua pilihan prodi. Jika ingin memilih politeknik maka kedua pilihan harus politeknik. Peserta tidak bisa memilih politeknik sementara pilihan lain adalah PTN (nonpoliteknik).
  3. Boleh memilih 2 prodi dari politeknik negeri lampung, atau dari politeknik yang berbeda. 

Berikut 10 program studi jenjang D4/Sarjana Terapan di Politeknik Negeri Lampung yang dapat Anda pilih melalui seleksi di SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021.

  1. D4/S1 Akuntansi Perpajakan, 
  2. D4/S1 Agribisnis Pangan, 
  3. D4/S1 Teknologi Pembenihan Ikan, 
  4. D4/S1 Teknologi Produksi Ternak, 
  5. D4/S1 Pengembangan Produk Agroindustri, 
  6. D4/S1 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, 
  7. D4/S1 Teknologi Rekayasa Kimia Industri,  
  8. D4/S1 Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan,  
  9. D4/S1 Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura. 
  10. D4/S1 Teknologi Perbenihan.

Sebagai informasi bahwa seleksi SNMPTN merupakan seleksi jalur undangan sekolah, maka siswa calon pendaftar yang berminat memilih program studi jenjang D4/Sarjana Terapan di Politeknik Negeri Lampung, wajib mengetahui pola dan ketentuan seleksi SNMPTN 2021.

Dan wajib memastikan bahwa Anda telah didaftarkan sebagai siswa eligible oleh sekolah pada layanan PDSS.

Sebagai informasi pada tahun 2021 untuk khusus siswa/pendaftar/peminat pada Program Studi Jenjang Diploma Tiga (D3) di Politeknik Negeri Lampung, hanya dapat mendaftar melalui jalur seleksi PMKAB, SNMPN, SBMPN, dan MANDIRI.

Dan khusus jalur seleksi Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB) proses pendaftarannya tahun ini  dilaksanakan secara online. 

Diakhir wawancara Pembantu Direktur I, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si., menyampaikan bahwa calon pendaftar baik sekolah atau siswa dapat melihat Informasi lengkap penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Lampung di laman https://pmb.polinela.ac.id. (*/mlo)




Pos terkait