Mayoritas Pelajar Kurang Tertib Berlalulintas

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.idJajaran Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengajak seluruh pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat di wilayah hukum Polsek setempat untuk tertib berlalulintas. Terutama saat berangkat dan pulang sekolah menggunakan kendaraan sepeda motor.

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol. Drs. Ansori BM Sidik, mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Kanitlantas Bripka. Hendri, mengatakan hingga kini masih banyak siswa yang menggunakan sepeda motor kurang tertib berlalulintas di jalan raya saat pergi dan pulang sekolah.

Bacaan Lainnya



“Kami sudah sering melakukan penyuluhan dan mengimbau untuk mengenakan helm saat berkendara dan tertib dalam berlalulintas kepada siswa di sekolah-sekolah. Tapi masih banyak siswa yang belum mematuhi aturan lalulintas,” katanya.

Dijelaskan, di wilayah hukum Polsek setempat kini mayoritas siswa sekolah menggunakan kendaraan sepeda motor ke sekolah. Sehingga kondisi itu harus menjadi perhatian bersama, bukan hanya dari kepolisian, melainkan dari orang tua siswa dan sekolah agar dalam berkendara siswa benar-benar tertib serta mematuhi aturan lalulintas.

“Kita berharap hal itu dapat menekan angka kecelakaan lalulintas bagi pelajar dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Pihaknya juga kerap menerima keluhan dari masyarakat dan pengguna jalan lainnya mengenai keberadaan pelajar saat menggunakan kendaraan sepeda motor di jalan raya. Terutama saat jam pulang sekolah yang dinilai membahayakan pengguna jalan lainnya. Karena selain kebut-kebutan, para siswa kerap memenuhi badan jalan saat berkendara.

“Kami tetap akan memberikan penyuluhan kepada para siswa di setiap sekolah, agar siswa maupun pihak sekolah benar-benar memahami etika tertib berlalulintas yang baik dan benar di jalan raya,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, pihaknya juga berharap agar kedepan para siswa diharapkan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalulintas sejak dini. Bahkan, bukan hanya sebagai pelopor keselamatan berlalulintas saja, melainkan bisa menjadi generasi penerus bangsa yang taat peraturan lalu lintas. Mengingat jika siswa tidak tertib berlalulintas saat berkendara di jalan raya, tentu bukan hanya merugikan diri sendiri namun juga merugikan orang lain.

“Karena itu kita mengajak siswa khususnya yang ada diseluruh sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di wialayah hukum Polsek Pesisir Tengah ini untuk tertib berlalulintas,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait