MB Apresiasi Upaya Warga Lambar Kembangkan Tanaman Sorgum

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Mukhlis Basri saat mencoba salah satu produk olahan Sorgum

Medialampung.co.id – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Drs Hi. Mukhlis Basri, mengapresiasi kreatifitas Tim Penggerak PKK Lampung Barat  mengolah bermacam aneka pangan berbahan baku sorgum.

Di kediamannya di Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Mukhlis Basri yang akrab disapa MB tersebut menerima kunjungan Camat Pagardewa, M. Yones, S.STP, M.H., dengan membawa beberapa sampel makanan siap saji berbahan baku sorgum.

Bacaan Lainnya


Warga dari beberapa pekon di Kecamatan Pagardewa mengembangkan tanaman sorgum setelah memanfaatkan bantuan bibit sorgum secara gratis dari TP-PKK Lambar awal pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid) sebagai tanaman tambahan dalam rangka menciptakan ketahanan Pangan Mandiri (PM).

Pada kesempatan itu MB mencicipi langsung salah satu produk makanan sorgum yang dikemas secara tradisional menyerupai nasi bakar.

“Ternyata rasanya sangat enak. Terimakasih kepada masyarakat yang telah ada inovasi menanam sorgum sebagai tambahan makanan dalam rangka merespon imbauan Presiden Joko Widodo untuk menjaga ketahanan pangan,” tegasnya. 

Menurut hemat Mukhlis, banyak potensi pangan lokal yang kaya akan gizi namun belum dikelola dengan maksimal. 

Ketua TP PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus saat menunjukkan ragam makanan dengan bahan baku Sorgum

Namun, dampak pandemi Covid-19 yang melanda belahan dunia tak terkecuali NKRI sejak Maret lalu, menyadarkan arti pentingya keragaman pangan lokal, salah satunya tepung sorgum.

Bila pengembangan Sorgum dimaksimalkan akan mengurangi ketergantungan kepada tepung impor.

Terkait hal itu, mantan bupati dua periode Kabupaten Lambar tersebut mengajak masyarakat untuk mengembangkan tanaman sorgum supaya tidak mengalami kekurangan pangan. (rin/mlo)



Pos terkait