MB Kedatangan Pelaku Usaha Budidaya Pisang Gedungsurian  

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaku usaha budidaya tanaman pisang, Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan silaturahmi dengan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Hi Mukhlis Basri, di rumah aspirasi MB Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Jumat (23/10).

Kunjungan silaturahmi pelaku usaha budidaya pisang Kecamatan Gedungsurian yang dipimpin Peratin Pekon Gedungsurian Boimin kepada sang tokoh tersebut, untuk menunjukan perkembangan budidaya pisang  dicetuskan (launching) oleh MB sapaan akrab Mukhlis Basri  saat masih menjabat Bupati Lambar periode pertama 2007-2012. 

Bacaan Lainnya


Saat ini budidaya tanaman pisang di Kabupaten Lambar, bukan merupakan hal yang baru atau hanya digeluti sedikit petani, melainkan sudah merata dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman tumpang sari tanaman utama perkebunan kopi robusta. 

Salah satunya atas kejelian Peratin Gedungsurian Boimin memanfaatkan kondisi, kini Pekon Gedungsurian bukan hanya membudidayakan melainkan telah mampu menjadi penyuplai bibit pisang dengan penjualan lintas provinsi dan lintas pulau. 

Mukhlis Basri mengatakan, dengan perkembangan penbudidayaan tanaman pisang oleh masyarakat, kini Kabupaten Lambar bukan saja dikenal dengan penghasil kopi robusta dan pisang tapi juga sebagai penyuplai bibit pisang yang berkualitas yang telah dikenal dimana-mana. 

“Saya senang melihat usaha tanaman pisang petani lambar yang menunjukkan hasil baik,  bahkan pendapatannya kini melebih pendapatan utama perkebunan kopi,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengutip, dirinya mencanangkan pengembangan pisang yang dimulai dari Kecamatan Gedungsurian, kemudian menjalar ke Kecamatan Kebuntebu, Airhitam, sumberjaya, dan kini disemua kecamatan. 

Karena itu MB berpesan kepada masyarakat Kabupaten Lambar yang mayoritas sebagai petani untuk terus berinovasi, memanfaatkan potensi wilayah yang sangat mendukung untuk menciptakan peningkatan ekonomi menjadi petani sejahtera. 

Sementara dikatakan Boimin kedatangannya dan kawan-kawan pengusaha, petani pisang tersebut,  menyampaikan kepada MB bahwa saat ini budidaya pisang menjadi salah satu usaha yang terus berkembang dan unggulan dengan hasil yang sangat menjanjikan. 

“Kedatangan kita utamanya silaturahmi dan menyampaikan bahwa ajakan Pak Mukhlis kepada masyarakat  untuk tanam pisang sebagai tumpangsari kebun kopi saat beliau menjabat bupati di periode pertama kini hasilnya terbukti mampu mensejahterakan petani dengan pemanfaatan lahan yang lebih menghasilkan,” ungkapnya.

Boimin juga menyampaikan kedatangan ke MB tersebut juga mewakili seluruh petani pisang di Kabupaten Lambar agar MB terus motivasi masyarakat tani Kabupaten Lambar melalui peran sebagai Anggota Legislatif RI untuk kemajuan usaha masyarakat, 

“Kita berharap Pak MB menyuarakan ke seluruh Indonesia kalau Kabupaten Lambar bukan hanya penghasil pisang tapi siap menyuplai bibit pisang ke seluruh wilayah NKRI,” sebut dia.

Salah satu pisang dan bibit unggulan yang banyak dikembangkan petani adalah jenis Cavendish Wilam MB, hal tersebut karena jenis itu pemasarannya lebih banyak dan mahal, serta buah lebih berkualitas.

“Kami tambah namanya jadi MB sebagai bentuk terimakasih kepada Pak Mukhlis yang terus mendorong masyarakat tani dalam mengembangkan usaha pisang,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait