Mbak Win Dampingi Puskesmas Suoh Tangani Tiga ODGJ

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota DPRD Lampung Barat asal daerah pemilihan (Dapil) V Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) Winarsih, M.Phil., mendampingi tim dari Puskesmas Suoh melakukan penanganan terhadap tiga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ada di Pekon Roworejo Kecamatan Suoh.

Penanganan yang dilakukan pihak puskesmas tersebut berawal dari keprihatinan Mbak Win—sapaan Winarsih dengan keberadaan tiga ODGJ yang salah satu diantaranya sempat dirantai karena saat kambuh membahayakan dan meresahkan masyarakat.

Bacaan Lainnya


”Saya beberapa waktu lalu mendampingi pihak puskesmas melakukan penanganan terhadap ODGJ, salah satunya sempat dirantai, tetapi sekarang sudah dilepas karena sudah lebih tenang, dan dalam pantauan petugas kesehatan bersama keluarga,” ungkap 

Dijelaskan, untuk pasien yang sempat dirantai tersebut, itu mengalami gangguan jiwa sejak tiga tahun terakhir, dan selama pindah ke Pekon Roworejo sudah dua kali kambuh dan meresahkan, kejadian pertama pada 17 Agustus 2018 dan kejadian kedua terjadi pada lima hari lalu.

”Ia terpaksa dirantai karena meresahkan warga seperti merusak rumah dan tanaman warga, tetapi itu sebenarnya bukan solusi terbaik, melainkan harus ditangani sehingga ia bisa kembali sehat seperti sediakala,” ujarnya.

Disinggung soal penanganan Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) menurutnya hingga saat ini belum ada, namun tentunya ia berharap ketiga ODGJ tersebut bisa ditangani lebih lanjut sehingga bisa sembuh dan bisa kembali berbaur dengan masyarakat.

”Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Puskesmas Suoh yang bergerak cepat setelah saya informasikan terkait dengan keberadaan ketiga orang ODGJ tersebut, dan tentunya saya berharap penanganan lebih lanjut seperti dibawa untuk diobati di rumah sakit jiwa bisa dilakukan,” pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait