Melalui DD Tahap II, Pekon Trimulyo Bangun Jembatan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walaupun dalam pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2021 ini diprioritaskan untuk penanganan Covid-19 diantaranya untuk pemulihan ekonomi dan bantuan kepada masyarakat. 

Namun, dengan segala upaya penghematan dana, Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat tetap berusaha untuk realisasikan target pembangunan fisik sebagaimana tertuang dalam Rencana Kerja Pekon (RKP). 

Bacaan Lainnya

Seperti pada pemanfaatan Dana Desa (DD) tahap II, pemerintah pekon akan membangun jembatan di Sungai Aridingin, Pemangku Talangpanjang III. 

Dimana saat ini lokasi mulai dilakukan penataan seperti penggalian tanah di bibir sungai untuk persiapan pondasi jembatan. “Rencananya dengan DD tahap II kita akan bangun jembatan dan untuk kesiapannya saat ini kita mulai melakukan pekerjaan awal,” terang Peratin Buchori, S.P.

Dijelaskannya akses tersebut, merupakan jalan produksi usaha masyarakat yang mayoritas berkebun kopi. Sekaligus persiapan bakal perluasan pemukiman masyarakat. “Saat ini jalur ini menjadi lintasan ke lokasi usaha masyarakat. Dan bakal menjadi tempat perluasan pemukiman,” terangnya.

Lanjut dia volume jembatan tersebut Panjang Enam Meter, Lebar Dua Setengah Meter (6×2,5) meter. Dan untuk tulangan pihak pekon sudah menyediakan Besi H rekondisi.

“Selain pembangunan jembatan jalur ini juga untuk badan jalannya sudah dibuka dengan lebar tiga meter melalui kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Artinya jika kedepan ada anggaran sudah masuk tahapan perkerasan badan jalan,” imbuh Buchori. 

Meskipun saat ini ruas itu tengah dibangun. Namun tidak menghambat akses transportasi, karena pihak pekon menyediakan jembatan sementara disisinya. 

Dan diprioritaskannya pembangunan jembatan oleh pihak pekon, lantaran hampir setiap tahun warga selalu direpotkan untuk perbaikan jembatan. Karena itu agar mengurangi beban warga dan memperlancar mobilitas maka dibangun jembatan dan dibukanya akses badan jalan. (r1n/mlo)


Pos terkait