Melalui Sosperda, Lesty Ingatkan Peran Keluarga Demi Pembangunan Berkelanjutan 

Medialampung.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi II Provinsi Lampung Lesty Putri Utami SH.MKn laksanakan Sosperda No.4/2018 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di aula Balai Desa Gedung Agung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (10/5).

Dalam kesempatan itu Lesty mengatakan bahwa keluarga berperan penting dalam pembentukan kepribadian agar anak bisa berkembang tumbuh secara optimal.

Bacaan Lainnya


Dimana Ketahanan keluarga merupakan unit terkecil di masyarakat maka dari itu perlu adanya perhatian dari pemerintah baik provinsi, kabupaten serta pemerintah desa.

Dalam arahannya, dia menjelaskan, Perda tersebut dibuat untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian, serta tanggung jawab Pemerintah Daerah, keluarga, masyarakat, dan dunia usaha dalam menciptakan, mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga.

“Apalagi di masa Pandemi Covid-19 saat ini, berbagai macam masalah timbul efek domino dari perekonomian. Mulai dari konflik di keluarga, perceraian hingga menambah angka pernikahan dini,” jelasnya.

“Aparatur desa juga harus memantau daripada pembangunan ketahanan keluarga guna menghasilkan keluarga yang sejahtera,” tutur Lesty.

Dimana maksud dari pembangunan ketahanan keluarga ini untuk meningkatkan kemampuan, Kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, Desa, keluarga dalam mewujudkan ketangguhan keluarga.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung bahwa keluarga sejahtera merupakan pondasi dasar bagi keutuhan, kekuatan dan keberlanjutan pembangunan. Sebab, keluarga yang rentan dan tercerai berai mendorong lemahnya pondasi kehidupan masyarakat.

“Ketahanan keluarga berfungsi sebagai alat untuk mengukur seberapa jauh keluarga telah melaksanakan perannya dan tanggung jawabnya dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya,” terangnya.

Srikandi PDIP Lampung yang juga menjabat Sekretaris Komisi II ini juga menambahkan agar kiranya keluarga perlu dibina dan dikembangkan kualitasnya agar menjadi keluarga sejahtera serta menjadikan sumber daya manusia yang efektif bagi pembangunan Nasional.

Sementara kepala Desa Gedung Agung Martono mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosialisasi No.4/2018 tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga di wilayahnya.

Martono juga berharap kepada peserta sosialisasi agar menyimak dan memahami apa yang disampaikan para narasumber dan kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain daripada Sosperda itu lesty juga terima usulan warga mengenai pengadaan sumur bor serta peningkatan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepada Desa Gedung Agung Martono, Jajaran Aparatur Desa serta sebagai moderator oleh Direktur Lembaga Advokasi Perempuan Damar Selfi Fitriani, SH.(wji/mlo)


Pos terkait