Memasuki Era New Normal, Uspika Belalau Gelar Rakor 

  • Whatsapp

Medialampung.co id – Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Belalau, Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi sekaligus sosialisasi terkait penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam rangka menyambut Era New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru, Rabu (10/6).

Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan setempat itu dihadiri Camat Belalau Sri Handayani, S.H, Wakapolsek Sekincau AKP Abdurahman, Kepala Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kenali Romaita, S.St, Apdesi Belalau serta sejumlah tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya



“Era New Normal atau tatanan kehidupan baru merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas sosial dan kegiatan publik dengan tetap menggunakan standar kesehatan. New normal bagian dari tahapan baru setelah kebijakan work from home,” ungkap Camat Belalau Sri Handayani.

Adapun, sambung dia, kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan menyambut Era New Normal ini ditujukan kepada fasilitas-fasilitas umum atau tempat keramaian.

Selain itu New Normal utamanya dilakukan agar masyarakat yang memerlukan aktivitas luar rumah dapat beraktivitas dengan menggunakan standar kesehatan yang ditetapkan.

“Sosialisasi ini mengacu kepada apa yang harus dilakukan dalam menyambut Era New Normal, tentunya para pelaku usaha dan masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti selalu memakai masker, mengukur suhu tubuh, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak,” pintanya.

Sementara, Kepala PRI Kenali Romaita, S.St., menambahkan bahwa dalam sosialisasi persiapan menuju new normal itu pihaknya memberikan edukasi tentang pencegahan Covid -19. 

“Untuk pelaksanaan ada tiga kriteria yang direkomendasikan oleh WHO yaitu Epidemiologi, sistem kesehatan dan sistem surveilans. Sejauh ini kita masih menunggu pelaksanaan secara bertahap/ serentak di kabupaten kota,” terangnya.

Hingga, sejauh ini sedang dalam proses persiapan, namun masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa pada pelaksanaan new normal adalah penyesuain kehidupan sosial kemasyarakatan dan ekonomi dengan protokol kesehatan yg sudah ditentukan.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti penerapan protokol kesehatan di tempat kerja, di rumah tangga, di pasar, warung penjual makanan dan lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, kata dia, mulai pekan depan pihaknya akan memberikan edukasi pencegahan Covid-19 dan sosialisasi persiapan menuju new normal ke 10 wilayah kecamatan setempat ke sejumlah ruang publik seperti pasar dan sejumlah tempat beribadah.(edi/mlo)



Pos terkait