Memasuki Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Lambar Gelar In House Training

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Memasuki Tahun ajaran baru 2020/2021 sekaligus menghadapi situasi New Normal. MTs Negeri 1 Lampung Barat menggelar In House Training (IHT), Kamis (16/7).

Kegiatan IHT tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Kemenag Lambar Maryan Hasan, M.Pd.I didampingi Kepala MTsN 1 Lambar Gunawan Susanto, M.Pd.  melalui aplikasi Zoom Meeting sekitar pukul 08.00 WIB.

Bacaan Lainnya



Kegiatan itu menghadirkan pemateri yakni Waka Bidang Kurikulum Desembri, M.Pd., bersama tim pengembang madrasah dengan menyampaikan materi tentang E-Learning Madrasah Kemenag dan aplikasi virtual pendukung pembelajaran daring online, seperti zoom meeting dan lainnya kepada seluruh guru Madrasah.

Membuka acara itu, Plt. Kakan Kemenag Lambar Maryan Hasan mengatakan pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan in house training yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas terutama bagi Pengembangan Profesionalisme guru.

Hal tersebut dilaksanakan seiring dengan berubahnya paradigma pendidikan sebagai konsekuensi dari perkembangan zaman dan tantangan pendidikan.

“Kegiatan ini menjadi momentum penting dan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi kita semua selaku praktisi pendidikan dan tenaga administrasi Madrasah untuk lebih mengenal, memahami dan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan Strategi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dimana orang awam sering menyebutnya dengan belajar Online,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjutnya, sebagai dampak dari mewabahnya Covid-19. Namun, disamping dampak negatif tentunya ada dampak positif yang dapat diambil hikmahnya yaitu seluruh lapisan masyarakat semakin sadar akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta dituntut untuk menguasai teknologi dalam Pembelajaran yang dapat menunjang profesi.

“Electronic Learning (E-Learning) adalah sebuah cara yang harus ditempuh supaya proses belajar mengajar di masa Pandemi Covid-19 ini tetap dapat berjalan, banyak hal yang harus kita pelajari agar semua KBM-Virtual dapat berjalan dengan baik, kegiatan ini sebagai salah satu upaya menjawab itu semua karena itu kami ucapkan terimakasih kepada  MTsN 1 Lambar yang telah menggagas kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara, Kepala MTs N 1 Lambar Gunawan Susanto M.Pd, berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi seluruh guru MTsN 1 Lambar dalam penggunaan teknologi pada pembelajaran daring (online) di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang pentingnya mengubah pola lama yang sudah tidak relevan lagi untuk masa sekarang dikarenakan bersifat monoton dan sentralistik melalui kegiatan baru dalam in house training yang semata-mata untuk meningkatkan kualitas dan hasil kerja secara langsung pada situasi new normal,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait