Menghadapi New Normal, Masyarakat Diminta Jalankan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara (Lampura), mengimbau kesadaran masyarakat dalam menghadapi new normal ditengah pandemi, sesuai skenario ditetapkan pemerintah ke depan nantinya.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura, Sanny Lumi, sekaligus Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi mengatakan, sesuai dengan arahan pusat untuk dapat berdampingan dengan corona (new normal), yang diperlukan saat ini adalah kesadaran individu masyarakatnya.

Bacaan Lainnya



“Diharapkan bagi masyarakat bagaimana menjaga kesehatan agar terhindar, dengan melaksanakan protokol kesehatan, sesuai arahan pemerintah,” kata Sanny Lumi yang juga menjabat Kadis Kominfo Lampura Senin (1/6).

Dilakukannya, untuk saat ini masyarakat Kabupaten Lampura, telah ratusan warga yang diuji melalui metode rapid test. Dengan hasil beragam, sehingga belum dapat dikatakan aman sepenuhnya. 

“Hari ini kami juga sedang mengambil sampel untuk di uji swab test, sebab warga kedapatan reaktif saat di rapid test sebelumnya, “terangnya.

Terkait empat orang diisolasi dipulangkan, dirinya membenarkan bahwasanya dari 5 orang dikarantina hanya menyisakan satu orang lagi. 

“Yakni warga Lampura terkonfirmasi corona yang kita sebut K#5 LU, asal Kecamatan Bunga Mayang. Sementara, untuk yang empat atau K#1,K#2,K#3,K#4 saat ini masih menjalani isolasi mandiri, sesuai dengan protap covid-19.

“Jadi, mereka empat yang diperbolehkan pulang ini harus menjalani isolasi mandiri selama 14 mendatang,” bebernya.

“Kami tegaskan mereka yang pulang bukan berarti terbebas dari covid-19, tapi berdasarkan hasil swab test pertama itu negatif dan atas permintaan keluarga. Untuk dapat melakukan isolasi mandiri dikediamannya masing-masing, “tambahnya.

Pasalnya, masih menunggu hasil konfirmasi hasil swab test kedua yang telah berlangsung selama lebih dari 10 hari lamanya.  Kepulangan 4 orang tersebut berdasarkan hasil swab test pertama negatif, serta keinginan dari pihak keluarga.

“Kita tinggal menunggu swab test kedua aja. Jika hasilnya negatif lagi maka warga empat orang ini bisa dinyatakan sembuh dari covid-19,” pungkasnya (ozy/mlo)



Pos terkait