Menghadapi Potensi Membludaknya Pasien Rujukan Pasien Covid-19, RSUDAU Terus Bersiap

  • Whatsapp
Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Kabupaten Lampung Barat, terus bersiap menghadapi segala kemungkinan membludaknya jumlah pasien Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Terlebih, terjadi lonjakan jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang memungkinkan nantinya akan dilakukan penanganan oleh RSUDAU sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19. 

Bacaan Lainnya



Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, selain memiliki enam ruangan isolasi tekanan negatif yang menjamin keamanan dan kenyamanan pasien, dimana ruangan di desain khusus yang nantinya petugas medis akan aman dan saat keluar tidak membawa virus, begitu juga dengan pasien,  selain itu saat ini Gedung Serba Guna (GSG) Ratu Piekulun kini juga diubah menjadi ruang isolasi dengan jumlah 25 tempat tidur dan sudah siap menampung pasien. 

“Sehingga jika terjadi lonjakan jumlah pasien Covid-19 kita sudah siap, termasuk kemungkinan melonjaknya jumlah pasien Covid-19 rujukan dari daerah lain seperti Kabupaten Pesisir Barat,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Dikatakannya, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan laboratorium untuk rapid test antigen yang lebih sensitif,  dan pengecekan  menggunakan Swab. Sehingga nantinya untuk pemeriksaan pasien Covid-19 tidak harus mengirim sampel ke Bandarlampung seperti sebelumnya melainkan pemeriksaan Swab bisa dilakukan sendiri di rumah sakit setempat. 

“Kita sudah bisa melaksanakan Swab, peralatan sudah ada dan lengkap tinggal cartridge saja, yang nantinya kita bisa pesan atau menunggu disediakan oleh Dinas Kesehatan, tetapi secara umum untuk pemeriksaan Swab kita sudah siap,” ujarnya.  (nop/mlo)



Pos terkait