Meninggal Dunia, Satu Pasien Suspect Covid-19 Dimakamkan Sesuai Prokes 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19 Kabupaten Lampung Barat kembali memakamkan satu pasien suspect Covid-19 di Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Minggu (18/7). 

Sebelum meninggal dunia, pasien atas nama Tn J masuk keru Rumah sakit umum daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) pada (Sabtu) (17/7) pukul 21.00 WIB setelah melalui perawatan medis, pasien dinyatakan meninggal pada Minggu (18/7) Pukul 03.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Sukau Sardi, S.K.M, mengatakan, almarhum sebelumnya tidak memiliki riwayat bepergian keluar daerah dan tidak pernah berobat ke puskesmas setempat.

“Hanya saja, dari informasi yang kami dapat almarhum ini mengeluhkan sesak nafas dan ada riwayat penyakit kencing manis dan pada Sabtu langsung dibawa ke RSUDAU dan pada Minggu meninggal dunia,” terangnya. 

Sehingga, lanjutnya, jenazah dimakamkan sesuai prokes oleh tim yang terdiri dari tenaga kesehatan puskesmas, Satpol-PP dan BPBD Lambar di Pemakaman keluarga almarhum. 

“Karena jarak pemakaman kurang lebih 1,5 km dari perkampungan dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, maka petugas harus memikul peti jenazah sepanjang jalan melalui pematang sawah yang sempit serta licin,” imbuhnya.  

Pihaknya kembali mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah, yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan,  menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas di luar rumah, apalagi untuk wilayah pekon dengan status zona merah, diharapkan agar semua lapisan dapat bekerjasama mendukung upaya pencegahan.

“Intinya masyarakat harus tetap disiplin terhadap  prokes, karena dengan melindungi diri sendiri, maka kita melindungi orang -orang di sekitar kita,” pesannya.(edi/mlo)


Pos terkait