Menko Airlangga Dukung Percepatan Vaksinasi di Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mendukung upaya Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) Lampung dalam proses percepatan vaksinasi yang masih rendah.

“Terkait dengan vaksinasi memang Lampung ini di bawah rata-rata nasional ini tadi disampaikan kepada Bapak Gubernur bahwa pemerintah pusat mengirim sekitar 1,5 juta vaksin untuk menambah di provinsi Lampung,”ungkap Airlangga saat dimintai keterangan usai menggelar rapat koordinasi bersama Gubernur Lampung serta bupati dan walikota secara virtual di Mahan Agung, Rumah dinas Gubernur Lampung, Jum’at (13/8). 

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan vaksinasi Covid-19 secara nasional masih berada di angka 22% dan masih banyak daerah di Indonesia belum setara dengan angka tersebut. “Termasuk Lampung yang baru mencapai angka 9.92%,” katanya.

Lanjutnya, Ada beberapa daerah yang belum setara dengan angka nasional dan didorong untuk bisa sama level nya dengan nasional. “Bulan Agustus ini diharapkan lebih banyak lagi yang di vaksin termasuk di Lampung,” ungkapnya.

Kemudian ia menyoroti terkait masih tingginya mobilitas masyarakat terlebih di kota Bandarlampung. Secara nasional mobilitas masyarakat turun 15% namun di Provinsi Lampung masih dibawah 10%. 

“Tentu ini didorong lagi tapi arahan pak Presiden yang penting adalah memakai masker. Kabupaten Tanggamus dan Lampung Tengeh sudah level 3 mobilitas tinggi yang terlihat dari pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Airlangga juga meminta kepada Kapolda, Danrem untuk ikut serta dalam melakukan pembatasan mobilitas masyarakat dengan melakukan penyekatan.

“Tentunya berharap kepada pak Kapolda dan Danrem untuk bisa membantu mengerem mobilitas dan dilakukan penyekatan seperti di pulau jawa,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait